View Single Post
Old 30th April 2015, 12:34 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 20 Apr 2015
Userid: 3694
Posts: 97
Likes: 0
Liked 9 Times in 9 Posts
Default Pengertian peluang usaha dan Jenisnya



Mungkin bagi sebagian kalangan pelajar maupun yang baru menempuh pendidikan di perguruan tinggi kesulitan untuk mendefinisikan arti dari peluang usaha. Pada dasarnya, pengertian peluang usaha adalah sebuah peluang di sektor bisnis khususnya wirausaha yang siapa saja memiliki kesempatan untuk mencobanya.

Pada prinsipnya peluang usaha ada banyak sekali namun terkadang sulit terlihat bagi kebanyakan orang. Adapun peluang usaha biasanya terlihat saat ada seseorang yang mencoba sebuah usaha baru dan berhasil, kemudian orang-orang di daerah lain turut mengambil peluang usaha yang sama untuk didirikan di daerahnya.

Peluang usaha sendiri bisa kita temukan dari beberapa objek seperti sumber daya alam, makanan, bahan baku makanan, dan benda-benda yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Dari objek-objek tersebut terkadang lahir atau timbul sebuah ide untuk menjadikan sebuah barang menjadi peluang atau ide untuk memproduksi sebuah barang baik peruba benda maupundalam bentuk makanan.

Beberapa poin berikut merupakan bagian dari peluang usaha yang ada di masyarakat kita.

Peluang usaha makanan

Peluang usaha di bidang makanan adalah peluang di mana setiap orang memiliki kesempatan untuk memproduksi maupun menjual makanan ke kalayak ramai. Adapun peluang untuk usaha makanan biasanya bisa berupa; membuka usaha makanan seperti warung makan maupun membuat produk makanan seperti camilan dan lain-lain.

Peluang usaha makanan juga merupakan pelaung usaha yang paling banyak diminiti oleh kebanyakan masyarakat. Mudahnya untuk membuat usaha makanan serta permodalan yang terkadang rendah juga menjadi salah satu alasan bahwa usaha makanan sangat diminati.

Peluang usaha jasa

Peluang usaha jasa adalah peluang di mana seseorang bisa menjual jasa yang ia miliki atau lebih tepatnya, seseorang yang termpil di bidang tertentu bisa menjadikan ketrampilannya tersebut sebagai modal utama untuk mendirikan seuah usaha di bidang jasa. Peluang usaha jasa biasanya segera diambil oleh mereka yang terampil namun minat untuk berwiruasahanya cukup tinggi.

Contoh dari peluang usaha di bidang jasa adalah; jasa cuci pakaian, potong rambut, jasa konsultan, jasa les privat dan masih banyak lagi. Peluang usaha jasa terkadang juga bisa menjadi sebuah usaha yang bisa dijalankan meski tanpa menggunakan modal. Dan salah satu contohnya adalah menjadi jasa penjual atau makelar di bidang properti.

Peluang usaha ternak

Peluang usaha ternak adalah peluang usaha di mana ada banyak hewan ternak yang punya nilai jual di masyarakat luas bisa diternakkan oleh siapa saja dan menjualnya saat ternak sudah menginjak usia yang layak jual. Adapun pelaung usaha di bi bidang ternak biasanya bisa berupa hewan ternak konsumsi untuk manusia ayam, bebek, kambing, ikan lele, sapi dan masih banyak lagi.

Namun sektor ternak untuk hewan peliharaan juga terdapat banyak peluang seperti ternak ulat untuk pakan burung, ternak semut krangkan untuk pakan burung juga, ternak hamster dan kelini hias.

Sumber : Peluang Usaha
__________________
Bang Joel | Dp BBM | Tempat Wisata

idjoel is offline   Reply With Quote
Sponsored Links