View Single Post
Old 30th April 2015, 01:03 PM   #1
Sek. RT
 
Join Date: 19 Apr 2015
Userid: 3685
Posts: 20
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Talking Proses Cara Membuat Tempe



Cara membuat tempe itu mudah sekali. Begitu mudahnya hingga saya yakin cara membuat tempe yang akan saya bagikan pada anda semua ini pasti akan dapat memikat minat anda untuk mencoba membuat tempe sendiri di rumah. Cara membuat tempe ini bukan berdasarkan pengalaman saya sendiri tapi dari hasil mengamati secara teliti dan sepenuh hati tetangga sebelah rumah yang kebetulan adalah juragan tempe. Tempe hasil buatannya sangat sedap, higienis dan artistik. Biarpun di buat dengan menggunakan bungkus plastik tetapi rasa dan aromanya tidak kalah dengan tempe yang di bungkus dengan daun pisang.tempe

Berikut ini adalah langka-langkah cara membuat tempe

Bahan bahan

Kedelai 10 kg
Ragi tempe 30 gram
kantong plastik sesuai selera

Cara membuat Tempe

Cuci biji kedelai kering, buang kotorannya lalu masukan rebus hingga air berbusa, tidak perlu sampai mendidih sangat.
Lalu biarkan kedelai terendam hingga 20 jam,
Masukan dalam mesin pemecah kulit kedelai,
Pisahkan kulit ari dari biji kedelai
Bilas biji kedelai berkali-kali hingga bersih.
Buang kulit ari agar tempe tahan lama dan tidak berasa agak kecut.
Kukus kedelai hingga masak dan berbau khas, lalu angkat dan tiriskan.
Stelah dingin, taburkan ragi di tasnya sambil diaduk rata.
Siapkan kantong plastik yang tyelah diolobangi, isikan biji kedelai yang telah di beri ragi kedalamnya, lalu jilid rapi.
Setelah 2 hari di fermentasi, tempe sudah siap di konsumsi.

Cara membuat tempe diatas sangat mudah bukan? Waktu pembuatan di atur sedemikian rupa sehingga tidak kerepotan dalam melakukan pengolahan.

Perendaman biasanya di lakukan sore hari hingga keesokan pagi. Pagi-pagi sekali setelah di cuci, kedelai langsung di rebus. Setelah diangkat di biarkan terendam hingga keesokan harinya. Setelah rebusan kedelai diangkat, di lakukan pengukusan kedelai yang telah diperlakukan di hari sebelumnya. Setelah masak di tiriskan, di beri ragi, di bungkus dan di fermentasi. Kedelai yang telah di rendam dan direbus hari ini akan di kukus dan bungkus keesokan harinya. Begitu seterusnya secara berguyur, Sehingga setiap hari selalu saja ada stock tempe yang siap untuk di jual atau di konsumsi.

Sebenarnya ada berbagai cara membuat tempe. Ada yang cuma di cuci bersih dan di rebus setengah matang, namun cara membuat tempe cara ini terkadang hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Sementara jika menggunakan cara diatas selain hasilnya sedap juga bisa disimpan lama hingga 5 hari.


Sumber : Membuat Tempe
masakanme is offline   Reply With Quote
Sponsored Links