View Single Post
Old 2nd May 2015, 08:34 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Trik Mengelola Keuangan bagi si Jomblo

Quote:
JAKARTA Status lajang atau single adalah momentum yang tepat untuk mengelola uang demi masa depan. Pasalnya, kebutuhan bagi si singlet relatif lebih longgar ketimbang sudah memiliki tanggungan pasangan dan anak.

Sehingga diperlukan trik mengatur keuangan, agar kebutuhan saat ini dan masa depan bisa terakomodir. Namun, bila dilakukan tanpa persiapan matang maka bisa menggagu kebutuhan saat ini. .

Berikut ini trik mengelola keuangan bagi si single, seperti dikutip dalam artikel Five Money Management Tips for Singles, oleh budgeting & personal finance expert Paula Pant, Sabtu (2/5/2015).

1. Pikirkan Masa Depan Anda

Setiap keputusan uang yang Anda buat sekarang dapat membawa dampak jangka panjang. Jika Anda mengambil cicilan kendaraan atau rumah, Anda juga harus memikirkan kebutuhan pada saat menjalankan cicilan tersebut.

Jika Anda merasa pendapatan kurang mencukupi atau merasa pekerjaan Anda membosankan maka carilah pekerjaan yang baru.

2. Membuat Anggaran

Langkah pertama untuk pengelolaan uang yang cerdas adalah dengan mencatat perincian berapa banyak uang yang akan Anda pergunakan untuk kebutuhan setiap bulannya. Mengatur serta memeriksa secara teratur pengeluaran keuangan Anda. Pastikan gunakan uang secara bijak. Dengan begitu, tujuan keuangan Anda akan lebih mudah tercapai.

3. Mulai Mengalokasikan Dana Darurat

Simpanlah dana darurat. Sisihkan dana hingga mampu membiayai kebutuhan selama tiga atau enam bulan. Pisahkan pada rekening yang berbeda. Dengan begitu, dana darurat akan menjadi jaring pengaman Anda jika suatu ketika harus kehilangan pekerjaan, jatuh sakit, maupun menghadapi kesulitan tak terduga lainnya. Di sisi lain, bila dana darurat tersebut belum terpakai bisa disimpan sebagai dana cadangan bila sudah berkeluarga kelak.

Jika Anda memiliki penghasilan lebih, tidak ada salahnya jika mulai memikirkan dana untuk masa tua. Karena pada prinsipnya, semakin dini Anda menabung, maka akan semakin besar jumlahnya.

4. Bayar Utang Anda

Khususnya bagi Anda yang memiliki beban utang, mulailah untuk fokus dalam bekerja agar bisa lunas sebelum memulai hidup baru dalam bahtera rumah tangga. Meskipun kewajiban utang Anda jumlahnya sedikit, namun tetap harus mulai diperhitungkan.

5. Jangan Berhemat pada Asuransi

Asuransi rumah, asuransi mobil dan asuransi kesehatan sangat dibutuhkan. Karena kehidupan yang tidak dapat diprediksi, bisa saja suatu saat Anda mengalami krisis finansial. Oleh karena itu, Anda harus memikirkan pemilihan kebutuhan asuransi dari sekarang. Mungkin dapat memulai dari tingkat premi yang rendah.

Asuransi sangat dibutuhkan terutama menjelang masa tua. Bahkan dapat memberikan kemudahan dalam mengurus kondisi terburuk, salah satunya pembayaran biaya pemakaman. Hal ini, tentu dapat meringankan beban keluarga maupun orang terdekat.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links