View Single Post
Old 2nd May 2015, 10:08 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Johan: Bisa Jadi 5 Pimpinan KPK akan Mundur


Jakarta – Plt Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji akan mundur dari posisinya apabila penyidik KPK Novel Baswedan ditahan dan penangguhannya tak digubris. Sikap Indriyanto itu bisa saja diikuti oleh pimpinan KPK lainnya.

“Memang ada wacana bahwa ada pimpinan KPK bukan hanya 1 tapi bisa juga 5 bila penahanan tetap dilakukan karena upaya-upaya yang sudah dikondisikan dengan baik bisa berantakan,” kata Plt Wakil Ketua KPK Johan Budi dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jl Rasuna Said, Jaksel, Jumat (1/5/2015).

Johan menuturkan selama ini pimpinan KPK sudah melakukan berbagai upaya untuk menjaga hubungan antara lembaga penegak hukum. Bila jaminan dari lima pimpinan KPK juga tidak diterima Polri, maka Johan merasa sudah tidak berarti duduk di posisi pimpinan.

“Kalau pimpinan KPK saja tidak digubris, menjadi tidak ada gunanya menjadi pimpinan KPK,” ucapnya.
“Pihak-pihak di sana harus menghormati karena ada kepentingan lebih besar antara KPK dan Polri tanpa mengurangi kehormatan wilayah masing-masing termasuk apa yang perlu diusut bareskrim,” sambung Johan.

Sikap pimpinan KPK yang menjadi penjamin untuk penangguhan penahanan dilakukan karena Novel merupakan bagian dari lembaga antikorupsi itu. Oleh sebab itu, menurut Johan, sikap para pimpinan itu wajar.

“Kalau soal Novel, bukan soal penting atau tidak Novel di KPK tapi Novel adalah bagian dari lembaga KPK,” ujarnya.

Indriyanto yang juga hadir dalam jumpa pers itu menyatakan akan mundur bila Novel ditahan dan penangguhan yang diajukan pimpinan KPK tidak dikabulkan. Dia memastikan bahwa sikap para pimpinan ini bukan dengan niat mengintervensi proses yang ada.

“Bukan konteks intervensi tapi jadi tanggung jawab dari para pimpinan. Lain sama sekali dari obstructice of justice,” pungkas Indriyanto. (Detik.com).
supry is offline   Reply With Quote
Sponsored Links