View Single Post
Old 3rd May 2015, 09:58 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Menteri ESDM: Eksploitasi SDA seperti Penjajah

Quote:
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meminta kepada para pengusaha yang bergerak di bidang energi agar menghilangkan jiwa seperti penjajah dalam mengeksploitasi Sumber Daya Alam (SDA).

Menurut Sudirman, eksploitasi SDA seyogyanya memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dan tidak meninggalkannya begitu saja setelah eksploitasi selesai.

Sudirman mencontohkan kegiatan eksploitasi SDA yang belum sepenuhnya memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat sekitar yaitu, di Lhokseumawe dan Timika.

“Ada dua contoh yang sangat menarik untuk kita perhatikan, Lhoksumawe dan Timika, PT Freeport itu sudah ada disana mungkin lebih 40 tahun dan gas arun itu sampai menjelang habis, tapi coba lihat daerahnya, lihat di Timika itu sedih sekali, orang pulang balik pulang balik di proyek Timika tapi masih banyak orang telanjang, masih banyak orang yang masih tertinggal dalam kehidupan ekonominya dan di Lhokseumawe juga demikian,” ujar Sudirman dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (2/5/2015).

Sudirman menjelaskan, hal itu disebabkan karena para pekerja proyek, para pemimpin pada saat itu datang dengan semangat sebagai seorang conqueror yang merupakan peninggalan masa lalu penjajahan.

“Datang ke satu tempat ngambil sumber daya dan pergi dan tidak peduli dengan pengembangan wilayahnya dan itu harus diubah sama sekali, we came here to develop the region itu yang seharusnya,” tegas Sudirman.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links