View Single Post
Old 4th May 2015, 08:36 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Naik-Turun Harga BBM Harus Perhatikan Nasib UMKM

Quote:
JAKARTA Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) juga dirasakan para pengusaha. Tak hanya kenaikan, penurunan harga BBM juga menjadi kendala.

Menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Nina Tursina, penurunan harga BBM tidak diimbangi penurunan bahan-bahan pokok dan transportasi.

"Ini susahnya jika harga BBM turun. Kalau ada penurunan harga, harga bahan produk tidak turun. Susah menetapkan harga karena bahan bakunya mengikuti dari harga pasar," ujarnya, saat dihubungi Okezone, Senin (4/5/2015).

Ia mengatakan, ketika menetapkan harga BBM yang fluktuatif, pemerintah juga harus memperhatikan harga-harga pokok. Para pelaku UMKM pun mau tidak mau harus mencocokkan dengan situasinya.

"Kenaikan harga BBM tidak hanya pertamax, ada juga BBM premium, solar, dan gas. Bayangkan kalau ada kenaikan empat produk sekaligus, pelaku usaha sangat kesulitan," ucapnya.

Nina menambahkan, sebetulnya besar-kecilnya kenaikan suatu harga merupakan proses perhitungannya sama, tetap berpengaruh pada proses produksi.

"Selain itu, juga ada berpengaruh kepada masyarakat menengah ke bawah. Banyak barang yang disalurkan ke industri UMKM memiliki problem yang sama," ungkapnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links