View Single Post
Old 5th May 2015, 09:21 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Putin Bentuk Lembaga Saingi IMF

Quote:
JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin telah meratifikasi kesepakatan untuk menghimpun dana cadangan sebesar USD100 miliar. Dana tersebut berasal dari lima negara berkembang terkemuka yakni Brasil, Rusia, India, China, Afrika Selatan yang disebut (BRICS).
Negara-negara berkembang tersebut berencana akan membentuk bank internasional sendiri yang berbasis di Shanghai, China. Bank tersebut rencananya untuk menandingi dominasi bangsa barat atas pasar uang Internasional seperti International Monetary Fund (IMF).

"Kesepakatan pada penciptaan dana cadangan umum untuk negara-negara BRICS telah diratifikasi," sebut dokumen yang dilansir dari Business Insider, Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Rusia diharapkan dapat memberikan kontribusi sebesar USD18 miliar. Nilai tersebut jauh dibandingkan dengan sumbangan Cina untuk cadangan dana tersebut sebesar USD41 miliar. Nominal tersebut telah disepakati pada bulan Juli 2014 lalu di Brasil.

Dana tersebut dimaksudkan untuk melindungi BRICS dalam tekanan likuiditas jangka pendek. Serta meningkatkan kerjasama yang lebih besar antara kelima negara anggota tersebut.

Jumlah dari negara-negara BRICS merupakan 40 persen dari seluruh populasi dunia. dan seperlima dari PDB dunia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links