View Single Post
Old 6th May 2015, 09:50 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Ekonomi RI Anjlok karena Minimnya Belanja Negara

Quote:
JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2015 hanya sebesar 4,71 persen year on year (yoy). Catatan tersebut berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Pengamat Ekonomi Indef Enny Sri Hartati mengakui, wajar bila pertumbuhan ekonomi tercatat hanya 4,71 persen pada kuartal I-2015. Hal ini karena pemerintah belum merealisasikan anggaran yang sifatnya stimulus.

"Angka ini bukan turun lagi, tapi anjlok. Daya dorong untuk kinerja produksi tidak ada dari pemerintah, sedangkan sektor perdagangan dari luar negeri tidak punya kontribusi," ujarnya saat dihubungi Okezone, Rabu (6/5/2015).

Anjloknya pertumbuhan ekonomi, lanjutnya, membuat investor mempunyai banyak komitmen tapi tidak ada realisasinya. Apalagi, daya beli masyarakat turun.

"Konsumsi rumah tangga sebesar 0,01 persen saja sudah tinggi, jadi wajar pertumbuhan ekonomi sampai 4,7 persen dengan target pertumbuhan ekonomi nasional sebesar lima persen," ucapnya.

Anggaran pemerintah belum terealisasi atau belum cair, tapi pemerintah sudah menaikkan harga, sehingga motor penggerak ekonomi tidak ada.

"Maka tidak ada pergerakan produksi, ditambah lagi asosiasi ritel Indonesia drop. Tapi harga yang tinggi mendorong daya jual beli," ungkapnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links