View Single Post
Old 7th May 2015, 11:19 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Ekonomi di Bawah 5%, 2 Juta Orang Jadi Pengangguran

Quote:
JAKARTA - Tingkat pengangguran di Indonesia diprediksi terus mengalami peningkatan. Pasalnya, selama pertumbuhan ekonomi Indonesia belum mencapai 6 persen, permasalahan pengangguran akan sulit untuk diatasi.

"Kalau di bawah 5 persen sudah pasti tidak akan cukup menyerap tenaga kerja baru yang sekira 2 juta orang," ujar pengamat ekonomi dari Asian Development Bank (ADB) Edimon Ginting saat dihubungi Okezone, Kamis (7/5/2015).

Edimon mengakui, pertumbuhan ekonomi kuartal I-2015 menunjukkan ketidakmampuan Indonesia dalam menyerap tenaga kerja. Sehingga, tingkat pengangguran akan terus bertambah.

"Paling tidak harus mendekati 6 persen baru bisa mengurangi pengangguran," ujar dia.

Selain itu, ia menjelaskan, 60 persen dari penduduk Indonesia yang bekerja, merupakan pekerja di tempat yang informal. Ini menunjukkan kualitas pekerjaan yang belum baik.

"Pekerja informal itu juga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi kita karena kualitas pekerjaannya belum baik," ucap dia.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat meningkatnya pengangguran Indonesia pada Februari 2015 sebesar 300 ribu jiwa dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi juga hanya tumbuh 4,71 persen secara year on year (yoy) atau turun 0,18 persen secara kuartal ke kuartal (qtoq).

Pemerintah sendiri menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun 2015 sebesar 5,7 persen. Namun, banyak pihak mengaku pesimis angka tersebut akan tercapai.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links