View Single Post
Old 8th May 2015, 09:15 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Langkah BI Hambat Pergerakan Valas di Kuartal-II

Quote:
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menjelaskan, pihaknya akan mengantisipasi transaksi valuta asing yang biasa terjadi di kuartal-II 2015. Hal ini untuk menghindari tekanan terhadap rupiah.

Menurutnya, pada kuartal II setiap tahun berjalan akan ada transaksi valas dalam jumlah besar ke luar negeri. Transaksi tersebut baik dalam bentuk bunga atau dalam pembayaran dividen ke luar negeri.

"Itu adalah sudah satu transaksi musiman. Oleh karena itu pada saat di kuartal II tahunan kita harus siapkan diri," ucapnya di Ruang Chandra Bank Indonesia Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Dijelaskan lebih lanjut, yang tidak diinginkan adalah perusahaan melakukan kewajiban pembelian valas lewat transaksi spot. Sebab, mekanisme tersebut tidak direncanakan sebelumnya dan membuat tekanan dolar lebih tinggi.

"Semua minta dilakukan pada hari yang sama itu akan membuat tekanan dolar yang tinggi. Jika sudah lindung nilai sudah bisa dilakukan satu tahun sebelumnya sudah dibuat kontrak, sehingga nanti saat kewajiban jatuh waktu dia sudah punya dolar AS terhadap nilai tukar tertentu dan itu bisa menghindari risiko nilai tukar sendiri,"jelasnya.

Dia menambahkan, rencana investasi pemerintah secara besar-besaran untuk proyek infrastruktur pada periode ini pun berpotensi mengakibatkan impor lebih meningkat dan akan menekan transaksi berjalan.

"Namun pemerintah menyepakati bahwa pemerintah atau BI akan menjaga agar transaksi berjalan ada di tingkat sehat, yaitu antara min 3persen sampai minimal 2,5 persen dari PDB,"tuturnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links