View Single Post
Old 8th May 2015, 09:20 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi Versi Menperin Saleh Husin

Quote:
JAKARTA Pertumbuhan ekonomi RI mengalami perlambatan di kuartal I-2015, bahkan tak menyentuh level 5 persen. Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi hanya menyentuh level 4,7 persen, padahal dalam APBNP 2015, target pertumbuhan ekonomi mebcapai 5,7 persen.
Menteri Perindustrian Saleh Husin menyatakan, perlambatan terjadi karena belum cairnya belanja infrastruktur. Hal ini tidak terlepas dari baru selesainya pembahasan APBNP 2015 awal Februari.

"Jadi memang dalam kuartal I-2015 ini ada perlambatan pertumbuhan ekonomi, satu mungkin yang kami lihat memang seperti proyek-proyek pemerintah dalam hal ini pembangunan infrastruktur yang menyedot dana APBN cukup besar, misalnya untuk Kementerian PUPR," ucap Saleh kepada Okezone belum lama ini.

Menurut Saleh, dana yang besar untuk pembangunan infrastruktur baru cair pada bulan April, sehingga proyek-proyek yang sudah ditenderkan baru dibayarkan pertengahan April 2015.

"Terlebih karena ada perubahan nomenklatur. Di daerah walaupun sudah tender, ada pemenangnya segala macam, tapi dananya enggak bisa turun karena perubahan nomenklatur, akhirnya ya berpengaruh kepada perlambatan pertumbuhan ekonomi," ungkapnya.

Saleh menambahkan, dengan cairnya dana pembangunan proyek infrastruktur serta proses perubahan nomenklatur, maka beberapa kementerian akan memulai roda perekonomian.

"Kalau dana itu turun, bergerak semuanya, mulai dari yang jual besi, jual pasir, alat berat, transportasi, hotel, segala macam itu bergerak semua," jelasnya.

Saleh mencontohkan, anggaran belanja Kementerian PUPR untuk membiayai sejumlah pembangunan infrastruktur sebesar Rp72 triliun sangat berdampak pada pergerakan roda perekonomian.

"Kan kita lihat anggaran PU belanja modalnya Rp72 triliun, itu pengaruhnya luar biasa. Ini juga dengan masuk bulan suci Ramadhan, ini tentu permintaan meningkat (sektor konsumsi), tentu dengan sendirinya pasti akan kembali naik karena produksinya mulai naik lagi. Apalagi PU sudah mulai jalan, saya yakin karena faktor itu saja," tukasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links