View Single Post
Old 8th May 2015, 09:21 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Ekonomi RI Melemah, Tapi Optimisme Pengusaha Melonjak

Quote:
JAKARTA - Rasa optimistis di kalangan pengusaha Indonesia mengalami lonjakan peningkatan yang tajam pada kuartal I-2015. Hal ini Berbanding terbalik dengan situasi ekonomi yang melemah.
Optimisme bisnis Indonesia tercatat tinggi sebesar 68 persen. Padahal sebelumnya hanya mampu mencapai angka 14 persen pada Q4-2014. Hal itu berdasarkan survei Grant Thornton International Business Report (IBR), Jumat (8/5/2015)

Meskipun optimisme bisnis saat ini masih lebih rendah bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu, 78 persen di Q1-2014, lonjakan optimisme yang terjadi ini dinilai memberikan sinyal yang prospektif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun mendatang.

Lonjakan tersebut sekaligus membawa Indonesia ke peringkat lima dalam skala global dari 36 negara yang disurvei pada kuartal I-2015. Optimisme bisnis Indonesia hanya sedikit lebih rendah dibandingkan Irlandia (92 persen), India (89 persen), Filipina (86 persen), dan Belanda (78 persen).

Optimisme bisnis Indonesia juga dilaporkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata optimisme bisnis di kawasan ASEAN (40 persen), dan bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata global (33 persen).

Bersama-sama dengan Filipina, Indonesia dianggap sebagai kontributor utama bagi peningkatan optimisme bisnis di kawasan ASEAN.

Managing Partner di Grant Thornton Indonesia Johanna Gani menjelaskan, lonjakan keyakinan ini kemungkinan terjadi karena beberapa hal. Kalangan pengusaha Indonesia saat ini cukup optimis dapat mencapai tingkat profit yang ditargetkan setelah menjalani kuartal pertama di tahun 2015.

"Mereka cukup percaya diri akan berhasil mencapai target penjualan yang ditetapkan untuk dapat menghasilkan keuntungan. Ekspektasi atas pencapaian profit untuk 12 bulan mendatang meningkat hingga 50 persen, setelah sebelumnya hanya tercatat sebesar 20 persen pada Q4-2104, " paparnya.

Aspek regulasi dan proteksi industri, kenaikan biaya atas energi, dan ketidakpastian ekonomi tidak lagi dipandang sebagai hambatan besar bagi aktivitas bisnis di negara ini.

Grant Thornton International Business Report (IBR) merupakan hasil pengolahan data perihal pandangan dan ekspektasi lebih dari 10 ribu entitas bisnis per tahun yang tersebar di 36 negara.

Survei ini didasarkan atas data tren dengan kurun waktu 22 tahun untuk sebagian besar negara-negara Eropa dan 11 tahun dari sebagian besar negara-negara non-Eropa.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links