View Single Post
Old 8th May 2015, 09:22 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Untung Rugi Indonesia Berstatuskan Anggota OPEC

Quote:
JAKARTA - Pemerintah tengah berencana akan kembali aktif dalam kegiatan-kegiatan Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC), namun hanya sebagai peninjau (Observer). Padahal dengan status dibekukan dari keanggotaan, Indonesia bisa saja menjadi anggota secara penuh dalam OPEC.
Mantan Gubernur OPEC untuk Indonesia Meizar Rahman menjelaskan, ada keuntungan-keuntungan yang berbeda ketika menjadi anggota penuh maupun observer. Sebagai observer, Indonesia mendapatkan keuntungan untuk dapat menghadiri acara-acara penting OPEC.

"Kita inikan menjadi importir minyak terbesar. Untuk itu kita butuh diplomasi energi, di Asia ini importir semua jadi ada semacam kompetisi buyer. Oleh karena itu kita butuh menjalin hubungan baik dengan negara-negara OPEC sebagai eksportir minyak," ujar Meizar kepada Okezone, Jumat (8/5/2015).

Sedangkan jika menjadi anggota penuh, lanjutnya, Indonesia akan mendapatkan data-data kongkret hasil dari penelitian yang dilakukan OPEC. Penelitian tersebut bisa berupa kajian sumber energi hingga pasar minyak dunia.

"Nah anggota OPEC secara penuh akan dapat hasil riset itu," imbuhnya.

Namun, untuk menjadi anggota secara penuh akan dikenakan iuran wajib setiap tahunnya. Menurut sepengetahuan Meizar, pada tahun 2008 iuran wajib tersebut sebesar USD2 juta per tahun.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links