View Single Post
Old 8th May 2015, 03:50 PM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 19 Apr 2015
Userid: 3684
Posts: 62
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Jenis Batu Akik Garut Hijau Botol



Berbagai wilayah di Indonesia menyimpan kekayaan berupa batu akik dengan ciri khas nya masing-masing, salah satunya adalah Garut, Jabar. Bahkan kolektor dan pemburu batu akik kini sedang ramai berduyun mendatangi Garut, agar dapat memiliki salah satu hasil alam berupa akiknya yang khas.

Jenis akik yang didapat oleh pemburu batu di Garut bermacam-macam, salah satunya yang kini sedang jadi primadona adalah batu akik garut hijau botol. Warnanya yang mirip dengan botol beling berwarna hijau menyebabkan akik tersebut dinamakan demikian.

Karena keindahan dan kelangkaannya, akik garut hijau botol konon harganya sudah melambung hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Bahkan di lokasi galiannya, di tambang batu rakyat di Desa Gaod, Kecamatan Bungbulang, batu itu telah dinyatakan punah dan habis.

Penambang atau pencari batu akik garut hijau pun tak mudah menjumpai bongkahan batu tersebut. karena lokasi yang terkadang cukup berbahaya, mereka sering harus bertaruh nyawa demi memperoleh keuntungan berlimpah.

“Wajar harga bongkahan hijau botol bisa mencapai harga ratusan juta. Karena akik jenis itu langka dan sulit ditemukan. Selain sulit ditemukan, menuju lokasi galiannya pun berisiko dan penambang harus mempertaruhkan nyawanya,” jelas Jajang.

Masuk hutan dan menaiki gunung adalah hal yang biasa bagi pencari akik. Risikonya tentu tak sedikit, mulai dari terpeleset, hanyut di sungai, atau tersesat dan berbagai risiko lainnya sudah akrab bagi mereka. Satu lagi, batu akik garut hijau yang mereka cari belum tentu diperoleh walau sudah berjuang sedemikian rupa. Tak heran harganya menjadi sangat mahal.

Sumber : Batu Akik Garut
__________________
Batu Akik | Kode Pos
batuakik is offline   Reply With Quote
Sponsored Links