View Single Post
Old 9th May 2015, 09:30 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default BPJS Beri Beban Besar Kepada RSUD

Quote:
JAKARTA - Sejak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ditunjuk sebagai penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) minat masyarakat memang cukup besar. Namun hal tersebut tidak didukung dengan persiapan yang matang dan terkesan hanya melemparkan beban kepada penyedia fasilitas kesehatan seperti rumah sakit.
Terbukti, sejumlah rumah sakit terlihat kewalahan dalam melayani pasien yang tergabung dalam program JKN. Tingginya minat masyarakat mendaftar BPJS membuat beban layanan rumah sakit meningkat. Alhasil kualitas pelayanannya menurun.

Menurut data litbang Okezone, sejak diberlakukan JKN, antrean pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RUSD) Tangerang semakin panjang. Terhitung pasien rawat jalan yang mengambil nomor antrean di loket BPJS rumah sakit itu mencapai 600 orang per hari.

Para pasien tersebut biasanya datang mengambil nomor antrean sejak pukul 05.00. Biasanya lamanya antrean hingga ke poliklinik memakan waktu tiga jam. Padahal RSUD Tangerang menargetkan pasien mendapat layanan dalam dua jam.

Bukan hanya antrean panjang, ketersediaan kamar rawat inap dan ruang perawatan intensif sering kali penuh. Sebanyak 225 kamar rawat inap kelas III, 127 kamar kelas II, dan 47 kamar kelas I di RSUD Tangerang sering penuh.

Kondisi itu mengakibatkan sering terjadi pembatalan operasi. Pihak RS juga kesulitan menempatkan pasien pasca operasi ke ruang intensif karena sering penuh. Tak jarang, pasien yang butuh perawatan intensif dirujuk ke RS Umum Pusat Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Sementara kondisi berbeda justru terlihat di RS swasta. Seperti RS Melati Tangerang yang merupakan salah satu RS rujukan BPJS justru sepi dari pasien peserta JKN. Bahkan seringkali tidak terlihat antrean di loket pendaftaran.

Diketahui ternyata peserta JKN lebih memilih berobat ke RSUD. Pasalnya di RS swasta sering menambah obat dan lebih mahal.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links