View Single Post
Old 10th May 2015, 08:44 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Ekonomi Indonesia Masih Didominasi Sumatera dan Jawa

Quote:
JAKARTA - DPD mendesak Bappenas agar lebih memperkuat peran koordinasi lintas kementerian, sinkronisasi pembangunan pusat-daerah dan antardaerah. Hal ini dilakukan menyikapi pelemahan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menurut Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad, dari data BPS terbaru, masih memperlihatkan ketimpangan pembangunan yang sangat curam, di mana kontribusi Pulau Jawa dan Sumatera masih sangat dominan.

"DPD mempunyai kepentingan untuk mengawal agar proses pembangunan bisa dinikmati untuk kesejahteraan seluruh masyarakat terutama daerah," tegas Farouk Muhammad dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu (9/5/2015)

Farouk meminta agar pemerintah memperhatikan aspek-aspek teknis yang akan memberikan pengaruh bagi pertumbuhan ekonomi.

Solusi yang diusulkan Farouk adalah dengan menjadikan Musyawarah Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2015 menjadi momentum proses sinkronisasi pembangunan lintas bidang dan koordinasi antar pusat-daerah maupun daerah dan daerah.



Berdasarkan informasi resmi dari Badan Pusat Statistik (BPS), Ekonomi Indonesia pada triwulan I-2015 terhadap triwulan I-2014 tumbuh sebesar 4,71 persen (y-on-y) atau melambat dibanding periode yang sama pada tahun 2014 sebesar 5,14 persen.

Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi pada triwulan I-2015 tersebut, ditopang oleh konsumsi rumah tangga yang tumbuh sebesar 5,01 persen, diikuti oleh Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) sebesar 4,36 persen dan konsumsi pemerintah sebesar 2,21 persen.

Data BPS juga mengungkapkan, struktur perekonomian Indonesia secara spasial pada triwulan I-2015 masih didominasi oleh kelompok provinsi di pulau Jawa yang memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 58,30 persen, kemudian diikuti oleh provinsi di pulau Sumatera sebesar 22,56 persen, pulau Kalimantan 8,26 persen, pulau Sulawesi 5,72 persen dan pulau-pulau lainnya sekitar 5,16 persen.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links