View Single Post
Old 10th May 2015, 08:45 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Ditjen Pajak Mulai Dorong Pajak untuk Orang Kaya

Quote:
JAKARTA - Usaha pemerintah melaksanakan strategi ekstensifikasi dan intensifikasi untuk meningkatkan penerimaan pajak pun sepertinya masih belum memperlihatkan hasil yang maksimal. Faktanya dapat dilihat dari jumlah penerimaan pajak sepanjang triwulan I 2015 yang baru mencapai 25 persen.
Demi mengejar target yang tertinggal ini, pemerintah mulai mengambil beberapa langkah kebijakan yang bersifat teknis terkait dengan optimalisasi penerimaan baik dari sisi penerimaan pajak maupun penerimaan kepabeanan dan cukai.

"Kebijakan yang bersifat teknis di bidang penerimaan pajak salah satunya adalah meningkatkan penggalian potensi penerimaan pajak dari Wajib Pajak (WP) dengan sasaran Orang Pribadi (OP) golongan pendapatan tinggi dan menengah atas," demikian seperti dikutip dari data Inside Tax, Sabtu (9/5/2015).

Tren di negara-negara maju yang kini menjadikan Pajak Penghasilan (PPh) OP sebagai tumpuan penerimaan pajak. Hal inilah yang menjadi pertimbangan tersendiri bagi otoritas pajak untuk menegakkan kebijakan tersebut.

Negara-negara maju, contohnya Amerika, memiliki penerimaan PPh OP yang lebih besar jika dibandingkan dengan penerimaan dari PPh Badan. Sedangkan sampai saat ini dapat kita lihat, di Indonesia penerimaan PPh Badan masih lebih besar jika dibandingkan dengan penerimaan PPh OP (PPh 21 dan PPh Pasal 25/29).

Untuk itulah, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak saat ini mulai fokus untuk mengejar penerimaan pajak dari orang pribadi, terutama kalangan menengah ke atas yang selama ini dinilai belum optimal dalam menyumbang penerimaan pajak. Kini, Ditjen pajak juga semakin gencar memperbaiki sistem administrasi perpajakan guna mempermudah tracking WP OP.

Salah satunya dengan mendukung program exchange of information (EoI) untuk mempermudah memperoleh informasi dari ranah internasional.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links