View Single Post
Old 11th May 2015, 12:53 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Dukung Pembiayaan Sektor Maritim, JK Resmikan Program Jaring

Quote:
MAKASSAR - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerja sama mendorong pertumbuhan pembiayaan pada sektor kelautan dan perikanan melalui program Jaring 2015.

Acara ini digelar di Pantai Boddia, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan dan dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, serta Kepala Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Haddad serta perwakilan dari Bank pendukung program ini.

Dijadwalkan, Wapres Jusuf Kalla akan meresmikan program Jaring 2015 yang ingin mendorong pertumbuhan pembiayaan pada sektor kelautan dan perikanan ini. JK -sapaan akrab Jusuf Kalla- akan membuka acara ini sekira pukul 09.00 WITA, Senin (11/5/2015).

Total dana yang disiapkan dalam program Jaring yang mengusung tema 'Tumbuh, Berkembang, Berdaya Saing' ini, oleh industri keuangan untuk tambahan peningkatan ‎pembiayaan ke sektor ini mencapai Rp 7,2 triliun hingga Desember 2015.

Terdapat delapan bank pelopor program Jaring, yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Bank Permata Tbk, PT Bank Tabungan Pensiunan‎ Nasional Tbk, PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Bank Sulselbar) dan PT Bank Bukopin Tbk. Selain itu, terdapat juga beberapa perusahaan keuangan non bank lainnya yang juga turut serta dalam program JARING ini.

Seperti diketahui, sasaran jangka pendek program Jaring adalah menyediakan infrastruktur kepada sektor jasa keuangan dalam meningkatkan pembiayaan di sektor kelautan dan perikanan sebesar lebih dari 50 persen pada 2015, melalui antara lain :

1. Penyediaan data dan ‎informasi yang komprehensif mengenai sektor kelautan dan perikanan yang dituangkan dalam bentuk buku berisikan data dan informasi potensi bisnis dan peta risiko, value chainbisnis dan skim pembiayaan kepada sektor kelautan dan perikanan. Buku ini dilengkapi dengan uraian dukungan regulasi dan instansi terkait.

2. Ketersediaan regulasi yang kondusif bagi pembiayaan sektor jasa keuangan kepada sektor kelautan dan perikanan.

3. Sosialisasi program JARING melalui kegiatan Kick Off program JARING dan serangkaian sosialisasi yang dilaksanakan OJK.

Dari catatan OJK, total pembiayaan ke delapan bank dan konsorsium Industri Keuangan Nonbank (perusahaan pembiayaan, asuransi jiwa, asuransi umum dan penjaminan) pada sektor kelautan dan perikanan sepanjang Desember 2014 sebesar Rp10,8 triliun. Komitmen pertumbuhan pembiayaan ke sektor ini sampai akhir tahun 2015 sebesar Rp7,2 triliun atau rata-rata pertumbuhan 66,2 persen.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links