View Single Post
Old 13th May 2015, 09:18 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Dirut Kalbe: Brand Indonesia Mampu Bersaing di Global

Quote:
JAKARTA - Dalam melakukan ekspansi bisnis, maka perusahaan membutuhkan suatu merek kuat. Hal tersebut bertujuan untuk mempunyai ciri khas tersendiri sehingga dapat menarik minat dari para konsumen.

Direktur Utama PT Kalbe Farma Tbk Ongkie Tedjasurya mencontohkan, Indonesia dengan produksi bijih kopi terbesar nomor 3 di dunia seharusnya mampu menciptakan merek layaknya gerai kopi yang telah mendunia. Namun, pasalnya banyak sekali perusahaan lokal yang tidak mempunyai rasa kepercayaan diri dalam perusahaan untuk membangun suatu merek tersebut.

"Contohnya, kopi kita yang produksinya nomor 3 di dunia, ini jangan sampai dimiliki asing. Coba bawa kopi Indonesia ke luar negeri. Tapi caranya ini yang sering kali perusahaan banyak gak pede (percaya diri) trading ke luar. Mampukah kita melakukan suatu market untuk membangun brand di luar, itu menurut saya challenge," ucapnya saat ditemui di KalCare, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Dia mengungkapkan rasa cukup prihatin jika potensi pasar di Indonesia yang begitu besar dan dapat bersaing di pasar internasional, namun hanya dapat dimanfaatkan di dalam negeri saja.

"Saya cukup prihatin kalau potensi Indonesia hanya dipakai sebagai pasar. Padahal, brand-brand Indonesia mampu untuk bersaing di global," imbuh dia.

Namun, dia menyatakan rasa optimistisnya terhadap merek Indonesia yang dinilai mampu bersaing di pasar internasional.

"Kita harus punya spirit harus mampu bersaing secara global. Saya punya keyakinan merek Indonesia punya potensi yang luar biasa. Karena produk itu bisa diproduksi di mana saja. Yang susah dibangun itu, merek," pungkas Ongkie.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links