View Single Post
Old 14th May 2015, 10:21 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Jokowi Harus Belajar dari Kegagalan SBY soal Lumbung Beras

Quote:
JAKARTA - Melihat lahan seuas 4,6 juta hektare, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merasa percaya diri menjadikan Merauke sebagai lumbung beras dunia. Padahal seharusnya Jokowi belajar dari pengalaman presiden sebelumnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat berencana mendirikan lumbung beras dan tebu namun perlahan senyap tak terdengar kabar dari proyek tersebut.

Anggota Komisi IV DPR Ri Darori Wonodipuro mengatakan, dulu SBY pernah membeli lahan seluas 2 juta hektare di Kalimantan untuk dijadikan lumbung beras. Kemudian SBY juga pernah mengajak berbagai pihak unutk menjadikan Merauke sebagai lumbung beras bukan hanya untuk wilayah timur tapi juga nasional.

"Rencana boleh saja, tapi kenyataannya realisasinya yang tidak gampang. Harusnya Belajar dari SBY, seperti yang di Kalimantan itukan gagal," tuturnya saat dihubungi Okezone, Kamis (14/5/2015).

Selain itu lanjutnya, di Merauke SBY juga pernah ingin mendirikan perkebunan tebu. Sewaktu itu ditargetkan dari 500 ribu hektar lahan bisa menghasilkan 20 ribu ton per hari. Namun, sekali lagi, hingga saat ini tidak terdengar kelangsungan dari proyek tersebut.

Kendati demikian, Darori mengaku mendukung niat baik dari Jokowi tersebut. Tapi dia meragukan target waktu yang ditetapkannya.

"Kami setuju saja dengan luasan tanahnya. Tapi kalau tiga tahun, susah sekali menurut saya, ujarnya.

Sekedar informasi, hasil kunjungan Jokowi ke Merauke beberapa waktu yang lalu, menimbulkan niatan dirinya untuk menjadikan Merauke sebagai lumbung beras Internasional. Menurut alasannya, di Merauke terdapat lahan seluas 4,6 juta hektare yang cocok untuk ditanamkan padi.

"Kalau kecil saya enggak meluncur. Karena yang disampaikan ke saya adalah jutaan hektar, maka saya meluncur ke sana. Saya lihat luar biasa. Ada tanah yang sangat datar dan sangat besar, mata airnya, sehingga air tidak masalah. Seluas 4,6 juta hektare yang bisa ditawarkan untuk investasi sawah padi," ujar Jokowi.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links