View Single Post
Old 15th May 2015, 09:19 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Pemerintah Harus Aktif Cegah Masuknya Beras Plastik

Quote:
JAKARTA - Beras palsu asal China kembali marak beredar, bahkan peredarannya sudah masuk ke negara lain, salah satunya India. Untuk mencegah masuknya beras berbahan plastik ini, Pemerintah diminta tingkatkan pengawasan.
Koordinator Pengaduan dan Hukum Yayasaan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sularsi mengatakan, kemungkinan masuknya beras palsu di Indonesia bisa saja terjadi. Oleh karena itu dirinya meminta agar pemerintah dan instansi terkait segera bertindak melakukan pengawasan sebelum ada konsumen Indonesia yang menjadi korban.

Menurutnya, pertama yang harus dilakukan adalah mengawasi jalur masuknya beras impor. Hal itu merupakan wewenang dan tanggung jawab dari Kementerian Perdagangan (Kemendag)

"Harus awasi kerannya, berarti yang harus dipegang pelaku impornya. Ini terkait koordinasi, kalau soal impor itukan ada di Kemendag," ujar Sularsi saat dihubungi Okezone, Jakarta, Jumat (15/5/2015).

Menurutnya, Kemendag bukan hanya memiliki tanggung jawab di Direktorat Jenderal (Ditjen) Perdagangan Luar Negeri Kemendag yang mengurusi soal ekspor impor, tapi juga Ditjen Standarisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kemendag yang mengurusi peredaran produk ilegal.

Kemudian, Kementerian Pertanian juga punya andilan dalam menjaga keamanan pangan masyarakat Indonesia.

"Kalau soal importir di Kemendag, kalau soal berasnya itu urusan Kementan yang punya kewenangan di sana," imbuhnya.

Selain itu, Sularsi menilai jalur masuk produk impor beras juga harus diawasi. Karena bisa saja di beras palsu yang mengandung resin sintetis industri alias plastik ini masuk melalui jalur yang tidak terdeteksi atau black market.

"Kalau impor yang benar itu masukan barang lewat pelabuhan. Ketika memasukan beras ini apakah lewat pelabuhan atau pintu lain. Kalau memang ini terjadi berbahaya, karena ini mempengaruhi keselamatan masyarakat," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links