View Single Post
Old 16th May 2015, 09:11 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Ide Cemerlang Agar Tak Terkekang Utang

Quote:
JAKARTA - Jika Anda memiliki utang, pasti ingin segera dilunasi. Tak masalah jika Anda memiliki uang yang cukup untuk melunasinya, namun bagaimana jika tidak?


Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melunasi utang Anda dengan lebih cepat. Berikut adalah delapan ide cermat untuk membantu Anda keluar dari utang dengan lebih cepat seperti dilansir dalam artikel berjudul Frugal Debt Reduction Ideas oleh Frugal Living Expert, Erin Huffstetler.

1. Buat garage sale

Kumpulkan semua pakaian lama Anda, mainan, peralatan rumah tangga, dan perabotan yang sudah tidak lagi terpakai. Barang-barang tersebut dapat Anda jual dengan membuka garage sale. Langkah ini dapat membantu untuk memperoleh penghasilan sekaligus mendata ulang lagi barang-barang yang tidak terpakai di rumah.

2. Simpan recehan

Simpanlah recehan yang berasal dari kembalian pada suatu tempat atau celengan. Anda dapat melakukan pembayaran jika recehan itu sudah terkumpul banyak. Ulangi step tersebut setiap kali celengan Anda terisi penuh.

3. Gunakan kupon

Kupon bukan hanya menjadi cara yang bagus untuk menyimpan uang yang Anda butuhkan saja, tetapi juga bagus untuk meningkatkan upaya pelunasan utang Anda. Tantang diri Anda untuk menggunakan kupon saat berbelanja. Anda dapat membeli kupon belanja dari toko online, majalah, maupun departement store yang menyediakan hal tersebut.

4. Sewakan diri Anda

Menyewakan diri di sini maksudnya adalah menjadikan diri Anda sebagai pekerja yang biasanya Anda butuhkan dan Anda bayar, seperti potong rumput, membersihkan halaman dan lain-lain. Artinya, sudah saatnya untuk melakukan pekerjaan tersebut sendiri untuk menghemat dan meminimalisir meningkatnya utang.

5. Jualan ide

Punya pendapat atau ide? Mengubahnya manjadi suatu pekerjaan yang bisa memperoleh gaji dapat menjadi alternatif untuk mengurangi utang Anda.

6. Simpan hadiah jadi uang kas Anda

Anda memiliki kerabat yang suka mengirimkan uang sebagai hadiah? Simpan uang tersebut ke saldo rekening Anda turun

7. Ubah hobi jadi pemasukan

Hobi biasanya merupakan sumber pengeluaran, tapi sebenarnya itu tidak harus terjadi. Buatlah daftar semua hal yang Anda kuasai, kemudian brainstorming cara-cara untuk mengubahnya menjadi sumber penghasilan.

8. Tabung bonus Anda

Menabung bonus yang Anda dapatkan merupakan salah satu langkah terbaik untuk mengurangi utang. Bonus yang didapat bisa dari pekerjaan, bunga bank, atau hal lain.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links