View Single Post
Old 16th May 2015, 09:14 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kesalahan Menata Keuangan, Termasuk Sembarangan Gunakan Kartu Kredit

Quote:
JAKARTA - Bagi Anda yang baru memulai menata keuangan, mungkin akan membuat kesalahan dalam mengambil keputusan. Padahal pengambilan keputusan dalam menata keuangan sangat penting untuk masa depan keuangan Anda.
Untuk itu, mungkin Anda perlu memahami beberapa hal yang bisa menjadi kesalahan besar saat mengelola keuangan. Mengutip Artikel Money in Your 20s Expert yang ditulis Miriam Caldwell, berikut adalah contoh kesalahan dalam mengelola keuangan.

1. Terlambat membayar cicilan

Ketika Anda terlambat membayar cicilan, Anda akan menghadapi situasi sulit. Pasalnya anda akan dikenai bunga lantaran telat membayar cicilan. Jika anda dalam situasi seperti ini, langkah yang harus anda lakukan adalah berusaha mengejar keterlambatan cicilan anda. Jika tidak dibenahi secara cepat, keterlambatan cicilan bisa membuat sektor kredit anda bermasalah.

2. Menggunakan kartu kredit sembarangan

Ketika anda menggunakan kartu kredit secara sembarangan untuk memenuhi hasrat belanja Anda, jangan terkejut jika akan terbelenggu utang besar dalam waktu singkat. Mulai sekarang Anda harus berhenti menggunakan kartu kredit secara sembarangan dan mulai menata anggaran belanja Anda.

3. Meminjam uang pada teman dan keluarga

Saat seseorang berada dalam kondisi terdesak karena kehabisan uang, meminjam uang kepada keluarga atau teman biasanya menjadi pilihan. Namun taukah Anda dengan melakukan peminjaman ini Anda telah melakukan kesalahan karena meminjam uang dengan kerabat bisa merenggangkan hubungan.

4. Berhenti dari pekerjaan tanpa rencana


Jika anda keluar dari pekerjaan tanpa suatu rencana, tidak menutup kemungkinan anda akan berada dalam masalah keuangan. Akan lebih baik jika anda mempersiapkan pekerjaan baru sebelum anda memutuskan keluar dari pekerjaan anda. Jika sudah mulai merasa sulit dengan pekerjaan yang sekarang, anda bisa mulai mencari pekerjaan baru.

5. Bertahan pada pekerjaan yang tidak mempunyai masa depan


Kesalahan lain yang bisa menjerumuskan Anda dalam masalah keuangan adalah ketika anda memilih untuk bekerja di tempat yang tidak bisa membuat anda berkembang. Padahal seharusnya Anda bisa mencari pekerjaan yang lebih baik. Jika Anda berada dalam situasi ini, Anda perlu menentukan waktu yang tepat untuk mencari pekerjaan baru.

6. Tidak mempunyai rincian anggaran

Tanpa rincian anggaran belanja, Anda akan lebih sulit mengontrol pengeluaran. Tanpa ini, Anda tidak bisa berhemat dan membeli barang impian Anda. Mulai sekarang, luangkanlah waktu untuk membuat rincian anggaran belanja supaya pengeluaran anda bisa terkontrol dengan baik.

7. Mengabaikan rencana keuangan yang sudah disusun


Jangan pernah Anda melanggar rencana keuangan yang telah Anda buat karena bagaimanapun rencana keuangan yang telah Anda susun bisa membantu Anda dalam menghemat pengeluaran. Dengan rencana keuangan Anda bisa tahu kapan Anda harus berinvestasi, kapan Anda harus melalukan pengeluaran.

8. Mengabaikan tujuan keuangan

Pekerjaan anda akan sia-sia jika anda tidak menentukan tujuan keuangan andasecara spesifik. Anda harus menentukan apakah anda ingin membeli rumah, mobil baru, apartemen. Jangan sampai anda bekerja tanpa arah. Tetapkanlah tujuan-tujuan dalam keuangan yang ingin anda capai.

9. Mengabaikan asuransi jiwa

Banyak orang yang memilih untuk bepergian tanpa asuransi demi menghemat pengeluaran. Padahal anda harus mulai memahami bahwa asuransi adalah pelindung anda. Asuransi bisa melindungi anda jika terjadi sesuatu. Jangan sampai anda tidak bisa menutupi kebituhan kesehatan anda karena tidak memiliki asuransi.

10. Mengambil keputusan dalam situasi tertekan

Jangan pernah mengambil keputusan finansial dalam tekanan. Anda harus mempertimbangkan semua pilihan anda sebelum mengambil keputusan. Jangan terburu-buru, misalnya anda ingin membeli mobil baru tapi anda harus memikirkan biaya pernikahan. Hal itu akan memberikan anda tekanan. Buatlah keputusan dengan nyaman sesuai dengan tujuan dan kebutuhan anda.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links