View Single Post
Old 17th May 2015, 11:40 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Berantas Pencurian, KKP Buat Pengelolaan Ikan Tuna, Cakalang & Tongkol

Quote:
JAKARTA Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana membuat pengelolaan perikanan tuna, cakalang, dan tongkol. Ketiganya merupakan komoditas unggulan Indonesia di sektor kelautan dan perikanan.
"KKP sudah menyusun rencana pengelolaan perikanan TCT," kata Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan KKP Saut Hutagalung dalam keterangan tertulis yang diterima, di Jakarta, Sabtu (16/5/2015).

Hal itu tersebut selaras dengan upaya yang dilakukan KKP dalam memberantas aksi pencurian ikan serta juga menegakkan penerapan keberlanjutan yang salah satu pilar pembangunan bagi prinsip KKP.

Sebelumnya, KKP menginginkan Indonesia jangan lagi banyak mengimpor bahan baku sektor kelautan dan perikanan karena masih banyak sumber daya yang belum digarap di kawasan perairan nasional.

"Ironisnya, Indonesia masih menjadi negara pengimpor produk-produk berbasis sumber daya kelautan dalam hitungan nilai yang sangat besar," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan KKP Achmad Poernomo.

Menurut dia, hingga saat ini Indonesia masih sekadar berperan sebagai pemasok untuk bahan baku berbagai produk kelautan bagi negara lain.

Seharusnya, ujar dia, lembaga-lembaga penelitian nasional diinkubasi untuk melahirkan industri-industri kuat yang berbasis teknologi dan pada gilirannya menghasilkan nilai ekonomi yang besar.

Ia mengingatkan bahwa dengan keanekaragaman sumber daya hayati terbesar kedua di dunia, Indonesia memiliki kekayaan flora dan fauna laut yang potensial untuk diolah menjadi produk-produk bernilai tinggi dan diminati pasar internasional.

"Produk-produk olahan ikan, produk pangan fungsional, kosmetik, nutrasetika, hingga farmasetika dapat diolah dari sumber daya laut Indonesia," ucapnya.

Direktur Jenderal Perikanan Budi Daya KKP Slamet Soebjakto mengungkapkan, potensi lahan budi daya perikanan laut yang terdapat di berbagai daerah di Tanah Air baru dimanfaatkan 2 persen.

"Saat ini potensi lahan marikultur (budi daya perikanan laut) Indonesia yang mencapai 4,58 juta hektare baru dimanfaatkan sekira 2 persen," katanya.

Dirjen Perikanan Budi Daya KKP juga mengingatkan bahwa pengembangan budi daya perikanan sejalan dengan visi-misi Kabinet Kerja untuk mendorong laut menjadi sumber ekonomi bangsa di masa depan dan menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links