View Single Post
Old 17th May 2015, 12:43 PM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 4 Apr 2014
Userid: 2023
Posts: 64
Likes: 0
Liked 6 Times in 6 Posts
Default Sejarah Tentang Ph Meter

Sejarah mengukur keasaman cairan elektrik dimulai pada tahun 1906 ketika Max Cremer dalam studi antarmuka cair [1] (interaksi antara cairan dan padatan) menemukan bahwa antarmuka antara cairan bisa dipelajari dengan meniup gelembung tipis kaca dan menempatkan satu cair di dalamnya dan di luar lain. Ini menciptakan potensi listrik yang dapat diukur.
Ide ini diambil lebih lanjut oleh Fritz Haber (yang menemukan sintesis amonia dan pupuk buatan) dan Zygmunt Klemsiewicz [2] yang menemukan bahwa bola kaca (yang ia beri nama elektroda kaca) dapat digunakan untuk mengukur aktivitas ion hidrogen dan bahwa ini diikuti fungsi logaritmik.

Denmark Soren Sorensen biokimia kemudian menemukan skala pH pada tahun 1909. Pusat Kebutuhan Alat Ukur Terlengkap dan Terpercaya di Indonesia jual ph meter dunia-alat.com

Karena perlawanan di dinding kaca yang sangat tinggi, biasanya antara 10 dan 100 Mega-Ohm, tegangan elektroda kaca tidak bisa diukur secara akurat sampai tabung elektron diciptakan. Kemudian masih, penemuan transistor efek medan (FET) dan sirkuit terpadu (IC) dengan kompensasi suhu, memungkinkan untuk mengukur tegangan elektroda kaca akurat. Tegangan yang dihasilkan oleh satu unit pH (katakanlah dari pH = 7,00-8,00) biasanya sekitar 60 mV (mili Volt). Hadir meter pH berisi mikroprosesor yang membuat koreksi yang diperlukan untuk suhu dan kalibrasi. Meski begitu, pH meter modern yang masih menderita drift (perubahan lambat), yang membuatnya perlu untuk mengkalibrasi mereka sering.

Perbaikan juga telah dilakukan dalam kimia kaca sehingga pencemaran oleh garam dan halogen ion bisa dihentikan. Elektroda referensi, yang secara tradisional digunakan chloride perak (AgCl) telah digantikan oleh kalomel (klorida mercurous, HgCl2) elektroda yang menggunakan merkuri klorida (HgCl) dalam kalium klorida (KCl) solusi sebagai gel (seperti gelatin). Tapi elektroda tidak memiliki hidup yang kekal dan perlu diganti ketika mereka melayang tidak dapat diterima atau mengambil sangat lama untuk menyelesaikan.
sridaniati18 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links