View Single Post
Old 18th May 2015, 08:53 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kenaikan Pertamax Dinilai untuk Kurangi Kerugian dari Premium

Quote:
JAKARTA - Rencananya, PT Pertamina (Persero) akan menaikan harga Pertamax, namun rencana kenaikan ini dibatalkan. Jika saja Pertamax jadi naik, maka itu adalah kali keduanya BBM nonsubsidi ini naik dalam satu bulan.

Pengamat energi dari ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro memperkirakan, langkah Pertamina menaikan harga Pertamax dikarenakan untuk mengurangi kerugian dari Premium dan Solar.

"Kalau saya melihat kenaikan ini latar belakanganya bukan di Pertamaxnya, tapi di Premium dan Solarnya," ujar Komaidi saat dihubungi Okezone di Jakarta.

Komaidi menjelaskan, seharusnya Premium yang sudah tidak disubsidi dan Solar yang diberikan subsidi tetap, terus disesuaikan dari harga minyak dipasaran. Namun kenyataannya harga Premium dan Solar belum disesuaikan lagi setelah 28 Maret lalu.

"Kitakan beli Premium dari pasar internasional. Seharusnya harganya sudah diatas Rp7.400. Tapi nyatanya belum dinaikkan," imbuhnya.

Menurut perhitungannya, Pertamina saat ini menanggung gap kerugian dari Premium dan Solar sebesar Rp15 triliun selama tahun ini. Oleh karena itu Pertamina disinyalir berniat mengurangi kerugian itu dari BBM berjenis non subsidi.

Pengguna BBM Pertamax Meningkat
"Pemerintah kan menetapkan harganya (Premium dan Solar) tidak konsisten. Jadi menurut saya pasti rugi," ucapnya yakin.

Sama seperti Komaidi, pengamat energi dari Universitas Indonesia Iwa Garniwa juga mempunyai pemikiran yang sama. Selain juga karena faktor anjloknya kurs Rupiah.

"Kenaikan Pertamax dimungkinkan ada dua (alasan). Pertama karena kurs, kedua saya pikir untuk menutupi pencabutan subsidi Premium dan Solar. Seharusnya ikutin harga pasar, tapi ditahan harganya. Otomatis butuh dana untuk menutupi itu. Karena itu dinaikan Pertamax," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links