View Single Post
Old 19th May 2015, 08:23 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tekan Inflasi, Bengkulu Kembangkan Ubi Hingga Pisang

Quote:
BENGKULU - Beras masih memberikan pengaruh inflasi tertinggi di Provinsi Bengkulu. Untuk mengatasi hal tersebut, provinsi ini akan mulai mengembangkan ubi, pisang, ganyong, dan komoditas lokal lainnya untuk mengurangi konsumsi beras di masyarakat.

''Berdasarkan identifikasi, stok gabah kita surplus, tapi berasnya defisit. Masalahnya karena masyarakat cenderung menjual gabah ke luar dikarenakan kurangnya infrastruktur untuk mengolah gabah menjadi beras,'' kata Deputi Kepala Perwakilan Keuangan Bank Indonesia Bengkulu, Christin Sidabutar usai menggelar rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Senin (18/5/2015).

Dengan produksi beras di daerah, lanjut Christin, dapat memberdayakan petani lokal dan diupayakan pembelian dari masyarakat Provinsi Bengkulu sendiri. Dengan begitu dapat memaksimalkan serapan Bulog yang tadinya hanya 30 persen menjadi minimal 80 persen.

''Dibutuhkan sosialisasi agar kita tidak terlalu tergantung pada beras. Kalau kita anggap beras sebagai pangan utama, pergerakan beras menjadi sangat rentan karena kita terus mencari beras,'' imbuh Christin.

"Kita berharap komoditas petani seperti ubi, pisang, ganyong, dan komoditas lain untuk memberdayakan petani lokal dan UMKM kita juga tetap berjalan," lanjut Christin.

Sementara di bidang holtikultura, terang dia, masa panen yang tidak merata sepanjang tahun juga menjadi penyebab inflasi. Komoditas lain, seperti daging ayam ras, cabai merah, bawang merah, serta tomat buah pun turut menjadi penyumbang inflasi daerah.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links