View Single Post
Old 19th May 2015, 08:46 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Simalakama Pertamax, Waspadai Efek Besarnya

Quote:
JAKARTA – PT Pertamina (Persero) secara mendadak membatalkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax, Pertamax Plus, dan Pertamina Dex pada hari Jumat kemarin. Kendati demikian, apabila kenaikan harga BBM Pertamax tetap dinaikkan, maka akan semakin memberatkan masyarakat.

“Masalahnya, seandainya kenaikan BBM Pertamax tetap berlangsung, akan ada efek yang cukup besar bagi masyarakat,” ujar Pengamat Energi Mamit Setiawan saat dihubungi Okezone, Jakarta.

Persoalannya, lanjut Mamit, di saat daya beli masyarakat yang kini tengah menurun, maka tidak tepat untuk menaikkan harga BBM Pertamax. Selain itu, setelah dikuranginya subsidi BBM Premium, menyebabkan banyak masyarakat yang beralih konsumsi BBM Pertamax.

“Banyak masyarakat yang beralih ke BBM Pertamax. Daya beli masyarakat juga saat ini menurun,” jelas dia.

Sehingga, apabila rencana kenaikan tersebut terjadi, maka masyarakat pun akan menolak kenaikan harga BBM Pertamax.

“Di masyarakat nanti pasti akan ada penolakan rencana kenaikan,” tukas Mamit.

Sementara itu, batalnya kenaikan BBM Pertamax dinilai sebagai intervensi dari pemerintah. Apalagi, Pertamax dan sejenisnya merupakan kategori nonsubsidi.

“Jadi pemerintah tidak berhak untuk melakukan intervensi. Sejak dulu tidak ada intervensi Pertamax. Nah, mungkin karena ada intervensi dari pemerintah, sehingga Pertamax dan kawan-kawan batal naik,” ujar Mamit.

Walaupun begitu, lanjutnya, kenaikan harga BBM Pertamax memang sudah tidak tepat waktunya. “Sejak awal, timing untuk menaikkan harganya tidak tepat,” ujarnya.

Mamit menjelaskan, saat ini masyarakat sedang masih dalam tahap pemilihan selepas dihapusnya subsidi BBM Premium sejak Desember tahun lalu.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links