View Single Post
Old 19th May 2015, 10:12 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 20 Apr 2015
Userid: 3694
Posts: 97
Likes: 0
Liked 9 Times in 9 Posts
Default Cara Membuat Roti Tawar Empuk



Roti Tawar adalah salah 1 menu harus untuk makan pagi bagi orang-orang luar negeri sebab disana, bahan pokok yang digunakan untuk membikin Roti Tawar adalah gandum. Roti Tawar yang terbuat dari gandum ataupun tepung terigu amat baik untuk dikonsumsi dan juga amat cocok untuk disantap selaku menu utama di pagi hari ketika makan pagi, sebab Roti Tawar jua mengandung karbohidrat dan juga protein yang tinggi, terlebih kalau ditambah dengan minumnya susu yang memberikan kalsium tinggi untuk tulang.

Selain tersebut Roti Tawar jua dapat dikonsumsi oleh seluruh kalangan dari segala usia baik balita maupun lansia. Kandungan gizi yang ada di Roti Tawar jua ada vitaminnya. Selain memberikan manfaat yang baik untuk tubuh, jua memberikan kenyamanan rasa yang dapat diaplikasikan dengan makanan lainnya.

Cara penyajian Roti Tawar amat beragam, kita dapat mengoleskan mentega di salah 1 sisinya lalu menambah olesan selai coklat, kacang, messes ataupun selai buah favorit kita masing-masing, ada jua yang menambah keju parut ataupun keju tipis dan juga susu, dijamin cita rasanya super nikmat.

Roti Tawar jua dapat diaplikasikan ataupun disulap men-jadi beragam makanan lainnya, seperti puding yang didalamnya ada isi Roti Tawarnya, Roti Canave yaitu Roti Tawar yang di dalamnya isi masakan sayur wortel dan juga kentang yang telah diiris kecil-kecil, dan juga yang ter sering dibuat adalah Sandwich yaitu Roti Tawar yang mengandung sayuran yang dalamnya seperti burger, dan juga masih ada banyak kreasi Roti Tawar yang unik dan juga enak.

Bahan Roti Tawar :
1. 1 kg tepung terigu protein tinggi
2. 11 gr ragi instant (kalau mau lebih empuk tambah menjadi 15-20 gr)
3. 2 butir telur
4. 20 gr susu bubuk full cream
5. 100 gr gula pasir
6. 60 gr mentega putih
7. 15 gr garam
8. 475 ml air es
Cara Membuat Roti Tawar :
1. Dalam wadah satukan tepung terigu, gula pasir, ragi instant, dan susu bubuk, aduk rata. Beri telur, dan tuangi air es secara bertahap sambil diuleni hingga tercampur rata dan bergumpal-gumpal.
2. Masukkan mentega putih dan garam, lanjutkan menguleni hingga adonan kalis elastis. Bulatkan dan istirahatkan 30 menit.
3. Kempiskan adonan dengan cara ditinju, lalu bagi adonan masing-masing 550gr.
4. Bulatkan, lalu gilas, dan gulung padat memanjang. Taruh dalam loyang loaf yang sudah dioles minyak atau mentega putih. Diamkan selama 60 menit, hingga mengembang. Poles bagian atasnya dengan campuran telur dan susu (1 btr telur, 2 sdm susu segar, sdt garam, kocok lepas)
5. Panggang dalam oven selama 20 menit, atau hingga matang permukaannya kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven, poles segera bagian atasnya dengan butter.


Sumber : Resep Roti Tawar
__________________
Bang Joel | Dp BBM | Tempat Wisata

idjoel is offline   Reply With Quote
Sponsored Links