View Single Post
Old 20th May 2015, 08:33 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Ide Bisnis Go-Jek Berawal dari Rasa Kesal

Quote:
JAKARTA - Banyak orang membuka bisnis usahanya berdasarkan dari kebutuhan seseorang, baik kebutuhan dirinya sendiri maupun kebutuhan hajat hidup orang banyak. Salah satunya dirasakan Pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Go-Jek, Nadiem Makarim.

Kebutuhan harus selalu dipenuhi dan Nadiem harus memutar otak untuk memanfaatkan kebutuhan tersebut menjadi sebuah usaha. Ternyata, tukang ojeklah yang membuat Nadiem mendapatkan ide untuk memulai bisnisnya.

Apa yang melatarbelakangi Nadiem membuka bisnis yang bergerak di bidang jasa transportasi berbasis teknologi itu?

"Ide awal bisnis sebenarnya berasal dari kebutuhan saya sendiri. Dari dulu walaupun punya mobil sendiri tidak pernah saya gunakan. Karena ojek jauh lebih efisien buat ke mana-mana khususnya di Jakarta," ujar Nadiem, saat berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Parahnya kemacetan lalu lintas di Jakarta tersebut membuat Nadiem kesal karena telah membuang-buang waktunya. Dengan berlangganan ojek untuk kesehariannya, Nadiem menjalin hubungan dengan para tukang ojek tersebut.

"Dari situ saya sadar bahwa sebenarnya ojek yang sudah terpercaya memiliki banyak fungsi untuk kehidupan orang Jakarta," ucapnya.

Di Go-Jek, para ojek tidak hanya sekadar antar jemput pelanggan saja seperti tukang ojek pada umumnya, melainkan juga bisa menjadi kurir seperti personal shopper, pengantar makanan dan lainnya. Mau beli makanan apapun juga dapat dipesan, dari itulah konsepnya berkembang menjadi Go-Jek.

"Fondasinya berbasis teknologi mobile, karena ojek-ojek itu tersebar di mana-mana. Jadi cara untuk menghubungi mereka adalah melalui mobile app, maka konsep pada 2014, Go-Jek menjadi Mobile App Business," ungkapnya.

Untuk menarik pelanggan, Nadiem melancarkan strategi dengan membuat tukang ojek menjadi senang dan mengantongi penghasilan yang lebih tinggi untuk mereka. Hal tersebut merupakan kunci utama untuk mendapatkan loyalitas dan respek dari para tukang ojek-ojek

"Hal yang paling utama, kita harus bisa menghasilkan penambahan uang bagi ojek itu. Maka, misi sosial Go-Jek itu sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme ojek-ojek di Jakarta," tuturnya.

Strategi lainnya, lanjut Nadiem, pihaknya tidak hanya fokus bisnis di transportasi saja, tapi juga di kebutuhan-kebutuhan logistik atau kebutuhan belanja lainnya.

Bagaimana selengkapnya? Okezone akan menayangkan secara berkala mulai besok. (Bersambung)
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links