View Single Post
Old 20th May 2015, 04:30 PM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 19 Apr 2015
Userid: 3684
Posts: 62
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Batu merah delima asli dan palsu



Batu Merah Delima dikenal dengan sebutan lain sebagai Ruby. Jenis batu permata ini merupakan salah satu jenis yang paling banyak dicari oleh kolektor atau penggemar bebatuan mulia. Merah Delima termasuk bebatuan tua yang cukup banyak mencari incaran dengan pelbagai mitos dan kepercayaan yang melekat pada batu ini.
Batu Merah Delima Cincin

Batu jenis ini tergolong sebagai batu yang langka. Batu ini memiliki kesolidan warna merah yang cukup kuat. Kuatnya warna merah pada batu ini menyebabkan kemampuan batu ini untuk mempengaruhi warna medium lain yang berada di sekitarnya, seperti pada air dalam gelas. Nilai jual yang tinggi batu ini disebabkan pula oleh jumlah batu ini yang tergolong jarang. Batu ini tergolong sebagai salah satu batu yang langka dibandingkan dengan bebatuan seperti Kecubung dan Bacan.

Jadi bagaimana membedakan batu merah delima asli dengan yang palsu ? Berikut adalah ciri-cirinya :



Bentuknya kecil seukuran biji delima. Tidak besar, kalau besar, dapat di pastikan palsu
Warna merah tanpa gelembung
Taruh batu merah delima dalam segelas air. Rendam dalam segelas air. Jika bias menembus 7 gelas sampai 21 gelas dan tidak hilang dalam waktu 1 bulan. Berarti asli. Sebab bisa saja si penjual menggunakan fosfor. Jika di rendam lama pasti kandunganya akan lemah
Tembak rendaman gelas dengan peluru. Jika gelas itu tidak pecah. Berarti asli.
Keaslian dalam sebuah batu merah delima juga terletak pada kekuatanya. Instansi yang berwenang untuk mengujinya biasanya memiliki alat untuk mengetahui kekuatan batu merah delima kalau batu itu tidak pecah bila di pukul dengan kekuatan tertentu, bisa di jamin keaslianya.
Harga batu merah delima yang asli sangat mahal, dari ratusan juta hingga milyaran rupiah. Karena itu bila ada pedagang yang menjual batu permata jenis ini dengan harga hanya beberapa juta, maka patut di pertanyakan keaslianya.

Selengkapnya : Batu Merah Delima
__________________
Batu Akik | Kode Pos
batuakik is offline   Reply With Quote
Sponsored Links