View Single Post
Old 21st May 2015, 09:09 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Andi "/rif" Bisnis Jual Beli Mobil Jadul, Untungnya Bisa Rp50 Juta

Quote:
JAKARTA - Selain menjadi vokalis band “/rif”, Andi ternyata juga mempunyai penghasilan dari hobinya yang lain, yakni jual beli mobil klasik.

Andi memang mengaku tergila-gila dengan keanggunan mobil-mobil jadul. Namun bukannya menjadi kolektor, pria asal Bandung ini justru mengubah rasa cintanya itu menjadi bisnis.

"Dulu saya sama teman-teman di Bandung hobi hunting mobil klasik. Setelah dibeli kita betulkan yang rusak-rusak, dibagusin lagi. Setelah itu dijual. Seringnya si mobil Mercedes Benz tahun 1960-1970," ujar Andi saat mengunjungi kantor Okezone di Kebon Sirih di Jakarta.

Menurutnya jual beli mobil klasik bukanlah merupakan bisnis yang bisa dilakukan oleh semua orang. Harus benar-benar menyukai mobil klasik, agar bisa mengetahui mana mobil yang masih bisa dan layak dijual.

"Kalau sudah jadi ya bisa mahal. Tapi kalau pas dapatnya yang busuk mobilnya, ya pas dibangunnya gagal. Jadi setiap kali mau ambil mobil klasik harus pakai insting, ini kira-kira bisa dirapiin atau enggak. Ini sebenarnya bukan bisnis tapi hobi yang menghasilkan," imbuhnya.

Meskipun dirinya mengatakan bahwa hal itu merupakan hobi semata, namun uang yang dihasilkan ternyata lumayan besar. Bahkan keuntungan bersihnya bisa mencapai 2 kali lipat.

"Misalnya beli mentahnya (mobil) seharga Rp20 juta, terus biaya untuk betulinnya Rp25 juta, itu bisa laku Rp90 juta. Paling besar untung saya bisa Rp50 juta, lumayan," aku Andi.

Menurutnya, keuntungan tersebut cukup logis. Pasalnya orang yang memang suka terhadap mobil klasik, rela merogoh kocek sedalam-dalamnya, hanya demi membawa mobil klasik ke garasinya.

Meskipun begitu, Andi menegaskan, sebagai penjual tidak boleh serta merta membandrol harga mobil klasik setinggi langit. Tetap harus melihat kelayakan dari mobil tersebut.

"Sebagai penjual harus punya rasa kepekaan menghargai. Misal oh ini layak kalau dibanderol mahal atau sebaliknya, jadi feelingnya musti kuat. Sering sekali harga yang saya banderol itu pas, pembelinya gak menawar. Berarti orang itu menghargai mobil itu sama seperti saya. itu rasanya seneng banget," tukasnya.

Namun sayang, karena kesibukan manggung dan sebagainya, dirinya tidak mempunyai waktu untuk kembali berburu mobil jadul. Terakhir kali Andi menjual mobil pada 3 tahun yang lalu.

"Selain waktu, cari mobilnya itu juga susah, butuh waktu, benerinnya juga butuh waktu. Sementara saya masih fokus dimusik. Dulu saya juga saya paling jual setahun 3 kali," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links