View Single Post
Old 22nd May 2015, 09:18 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Batu Akik, Industri Prematur yang Menyisakan PR

Quote:
JAKARTA - Ketua Asosiasi Batu Mulia Indonesia (ABAMI) Indra Fahrizal menuturkan, industri batu akik atau mulia Indonesia butuh pengakuan secara internasional.

"Industri batu akik atau mulia Indonesia berkembang sangat pesat, mungkin juga terlalu cepat (prematur). Tapi jika tidak mendapat pengakuan Internasional, bagaimana bisa industri batu mulia kita dikenal sampai ke seluruh negara?" ucapnya saat dihubungi Okezone, di Jakarta.

Sebelum mendapat pengakuan secara Internasional, diakuinya, masih terdapat beberapa masalah yang harus segera diatasi dalam perkembangan pasar batu akik.

"Masalah pertama banyak orang tertipu karena kurang pemahaman dan edukasi soal batu akik, kita (ABAMI) akan banyak menyelenggarakan pameran atau kontes yang di dalamnya ada unsur edukasi, sehingga menambah pemahaman terhadap batu akik atau batu mulia," tuturnya.

Dengan adanya masalah batu akik palsu, hal inilah yang membuat pengusaha asing ragu-ragu. “Bagaimana bisa nantinya mendapat pengakuan secara Internasional jika sebenarnya masalah di pemahaman seseorang terhadap batu akik, itu palsu atau asli," lanjutnya.

Kedua, lanjutnya, yang perlu diperhatikan ialah masalah eksploitasi alam yang dapat merusak lingkungan masyarakat sekitar daerah eksploitasi. "Hal ini menjadi masalah, ketika pencarian bahan batu secara berlebihan, yang dirugikan jelas kehidupan masyarakat sekitar yang lingkungannya rusak, jangan sampai masyarakat Internasional, beranggapan, jika batu-batu akik yang dihasilkan itu hasil perusakan lingkungan," ucapnya.

Dan hal yang paling utama untuk perkembangan batu akik agar mendapat pengakuan secara Internasional, meningkatkan tenaga ahli (gemologist), dan perajin seniman batu.

"Saat tenaga ahli (gemologist) dan perajin seniman batu (lapiderist) masih sangat kurang di Indonesia, agar bisa bersaing di pasar Internasional, diperlukan tenaga ahli yang paham benar akan kualitas batu akik, yang nantinya akan diolah oleh perajin. Dengan begitu mutu jualnya semakin tinggi," ucapnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links