View Single Post
Old 22nd May 2015, 02:20 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Aug 2014
Userid: 2460
Posts: 281
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Sarapan Pagi Dapat Mencegah Penyakit Diabetes

Banyak manfaat bagi kesehatan yang didapat dari sarapan pagi salah satunya yaitu sarapan pagi dapat mencegah penyakit diabetes yang menjadi momok menakutkan. Karena selain dapat menyerang orang tua, diabetes juga dapat menyerang pada anak-anak.

Sarapan pagi yang sehat lebih baik untuk menurunkan risiko diabetes dari pada tidak sarapan sama sekali. Peneliti menumukan dari sarapan yang baik, tentunya memiliki nilai serat dan protein yang tinggi. Sarapan mampu mengendalikan kadar gula dalam darah, karena selama 8 10 jam perut dalam keadaan kosong. Ini sangat menguntungkan bagi seseorang yang terkena penyakit diabetes.

Hal ini juga telah dibuktikan oleh sebuah studi di Harvard yang membuktikan bahwa orang yang sarapan pagi akan memiliki kadar gula darah yang jauh lebih stabil. Sebelumnya, tubuh berada dalam keadaan kadar gula darah yang rendah selama kita tidur di malam hari. Dengan sarapan pagi maka akan mengembalikan kadar gula darah kembali ke keadaan normal. Berbeda dengan orang yang tidak sarapan pagi, kadar gula darahnya akan tetap rendah dari pagi hingga datangnya jam makan siang.

Saat waktu makan siang dikarenakan rasa lapar yang sangat, orang yang paginya tidak sarapan akan makan dengan porsi yang jauh lebih banyak. Sehingga kadar gula darah akan melonjak lebih tinggi dari seharusnya. Hal ini bila dibiasakan pada akhirnya akan memicu resistensi insulin yang merupakan mekanisme utama terjadinya diabetes tipe 2. Kejadian yang berbeda pada orang yang sarapan di pagi hari, saat makan siang jumlah makanan yang dikonsumsi akan lebih seimbang. Sehingga kadar gula darah tidak melonjak terlalu tinggi.
ayuanggraeni is offline   Reply With Quote
Sponsored Links