View Single Post
Old 22nd May 2015, 05:04 PM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 19 Apr 2015
Userid: 3684
Posts: 62
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Batu Cincin akik Sungai Dareh



Penjual menunjukkan cincin dengan batu Sungai Dareh jenis pucuk pisang dan kumbang jati

Batu akik asal Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya itu merupakan ikon cinderamata asli Sumatera Barat yang dijual mulai harga ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.

Batu indah berwarna kehijauan ini menjadi target buruan para pecinta batu akik dari berbagai tempat. Tidak hanya dari dalam negeri, para kolektor batu cincin dari mancanegara pun memburu batu mulia jenis giok ini.

keistimewaan batu Lumut Sungai Dareh terletak pada corak dan warna batu yang sangat menawan. Batu ini juga memiliki kekerasan standar batu mulia kualitas internasional dengan keras 7 skala mohs atau sama dengan batui Giok Tiongkok yang telah dikenal manusia ribuan tahun lalu.

Manfaat batu Sungai Dareh dipercaya dapat meningkatkan keselarasan dengan alam sekitar, menjaga keseimbangan emosional, membuat stamina menjadi lebih kuat dan bersemangat, serta enetralisir racun dalam tubuh.

Sungai Dareh - Dharmasraya, Sumatera Barat

Sungai Dareh berada di Nagari Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Punjung, Dharmasraya, Propinsi Sumatera Barat. Menurut cerita masyarakat setempat, Aliran air Sungai Dareh adalah berasal dari Rawang Laweh yang apabila turun hujan mampu menghanyutkan seekor kerbau. Oleh karena itu, masyarakat sekitar kemudian membuat aliran ke Sungai Batang Hari dan digunakan pula untuk mengairi sawah. Sebelumnya, masyarakat setempat kesulitan menyebrangi sungai ini karena derasnya aliran air tersebut maka kemudian sungai tersebut diberi nama Sungai Dareh, namun kini sudah dibangun jembatan untuk menghubungkan Pulau Punjung ke Sungai Dareh.

Sungai Dareh sejak 50 tahun lalu terkenal sebagai penghasil batuan Idocrase terbaik, yang terkenal dengan sebutan batu Sungai dareh. Warna batu sungai dareh setidaknya ada 68 warna. Jenis yang sangat populer adalah kumbang jati dan pucuk pisang.

Sumber : Batu Cincin Sungai Dareh
__________________
Batu Akik | Kode Pos
batuakik is offline   Reply With Quote
Sponsored Links