View Single Post
Old 23rd May 2015, 08:31 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tak Hanya Indonesia, Singapura Juga Heboh Beras Plastik

Quote:
JAKARTA - Semangkuk nasi yang dulunya bisa menyelamatkan dari rasa lapar, kini bisa mengancam kesehatan bahkan mematikan. Beras plastik yang dicampur resin sintetis industry dikabarkan sudah menyebar ke berbagai negara Asia.

Mengutip Straitstimes, Jakarta, Sabtu, (23/5/2015), beras plastik tetap keras meskipun telah dimasak. Diduga beras plastik terbuat dari kentang, ubi jalar dan campuran resin sintetis kemudian dibentuk menyerupai bulir beras.

Tak tanggung-tanggung, penyebarannya telah merambah ke negara besar seperti India, Vietnam dan Indonesia. Rumor terbaru, kini beras plastik telah memasuki pasar Singapura. Soal pemberitaan beras plastik ini pun juga menghiasi media setempat.

Namun, Juru bicara Otoritas Agri-Food & Veterinary (AVA) langsung mengambil tindakan sigap. Pihaknya melakukan pengawasan rutin terhadap beras impor, untuk memastikan kepatuhan dengan standar keamanan pangan dan kebutuhan.

"Tes yang dilakukan mencakup berbagai bahaya makanan yang dikandung, sejauh ini hasil pengujian memuaskan," katanya.

Pihaknya juga menegaskan belum menemukan adanya indikasi beras plastik pada beras impor yang masuk ke daratan Singapura.

Para ahli kesehatan juga memperingati bahaya mengonsumsi beras plastik bisa menyebabkan kerusakan sistem pencernaan dan berujung kematian.

Berita dari beras palsu, yang biasa dijual di pasar China, terutama di Taiyuan di Provinsi Shaanxi, telah beredar di berbagai media massa dan media sosial.

Kepala Ahli Gizi National Heart Institute (IJN) Mary Easaw-John mengatakan beberapa zat, seperti resin plastik, jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan berdampak negatif pada sistem pencernaan.

Pemalsuan makanan adalah masalah serius. Sekitar 300 ribu orang jatuh sakit dan setidaknya enam bayi meninggal pada 2008, ketika susu produksi China dan susu formula bayi ditemukan telah bercampur dengan melamin.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links