View Single Post
Old 24th May 2015, 09:23 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Baiknya Pakai Kartu Kredit atau Kartu Debit?

Quote:
JAKARTA - Kartu debit dan kartu kredit sama-sama berasal dari Bank. Namun, perlu dipahami bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kartu kredit dan kartu debit.
Menurut Pakar Keuangan Miriam Caldwell, dalam artikel berjudul What Is the Difference Between a Credit Card and a Debit Card? seperti dikutip Minggu (24/5/2015), pada dasarnya kartu kredit dan kartu kredit sama-sama menawarkan kenyamanan nasabah. Namun, perbedaan mendasar antara kartu debit dan kartu kredit adalah pada bagian menarik uang.

Kartu kredit menawarkan kenyamanan utang dengan cara kerja yang berbeda dari utang-utang lainnya. Sementara itu, kartu debit menarik uang secara langsung dari rekening Anda, ketika melakukan sebuah transaksi pembelian.

Selain tarik tunai, Anda juga dapat melakukan transfer sejumlah uang melalui kartu debit Anda. Untuk fasilitas yang satu ini, sangat penting untuk mengontrol keuangan dari rekening Anda. Disarankan untuk tidak mengambil keuangan secara berlebihan agar tetap hemat.

Sementara itu, kartu kredit adalah kartu yang memungkinkan Anda untuk meminjam uang dalam jumlah tertentu. Saat melakukan transaksi kartu kredit maka pembayaran nasabah kepada bank akan disertai biaya bunga.

Di masa lalu banyak orang merasa bahwa kartu kredit dibutuhkan untuk menyelesaikan transaksi tertentu seperti menyewa mobil atau membeli barang secara online. Mereka juga merasa bahwa lebih aman dan lebih mudah dengan kartu kredit daripada membawa uang tunai.

Namun kartu debit menawarkan kenyamanan yang sama, tanpa membuat Anda harus meminjam uang untuk menyelesaikan transaksi. Dengan demikian, mungkin Anda akan sedikit kesulitan menentukan, kapan harus menggunakan kartu kredit atau kartu debit?

Miriam menyarankan, penggunaan kartu debit lebih baik dibanding kartu kredit. Hal tersebut akan mencegah Anda terjatuh ke dalam jeratan utang terhadap bank penerbit kartu kredit.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links