View Single Post
Old 24th May 2015, 09:28 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Jurus Menghindari Penggunaan Kartu Debit Berlebihan

Quote:
JAKARTA - Penggunaan kartu debit sering dianggap lebih aman oleh banyak orang ketimbang menggunakan kartu kredit. Namun tetap saja, jika tidak hati-hati dan tidak terkontrol maka uang yang tersimpan di dalam rekening dapat ludes seketika.
Pakar Perbankan Justin Pritchard dalam artikel berjudul Debit or Credit? memberikan saran agar tidak terjebak dalam penggunaan kartu debit yang berlebihan.

Cara pertama, Anda perlu menyingkirkan atau memisahkan uang tabungan Anda dari uang yang akan Anda gunakan sehari-hari dalam rekening bank Anda. Hal ini akan menghindari hangusnya uang Anda secara keseluruhan tanpa sadar.

Cara kedua, sebelum Anda menekan nomor PIN untuk melakukan transaksi pembayaran, perhatikanlah secara seksama total nominal setiap transaksi yang dilakukan. Cara ini akan membuat Anda mengetahui transaksi dengan lebih jelas, karena dilakukan secara sadar.

Namun, belakangan ini sering terjadi masalah keamanan pada kartu debit. Dengan memasukkan nomor PIN Anda, Anda memiliki risiko bahwa orang lain dapat mengetahui angka tersebut. Terlebih, saat ini para skimmer dapat membobol kartu ATM.

Sebenarnya, Anda dilindungi oleh pihak Bank jika kartu debit Anda digunakan oleh para hacker. Namun, Anda harus bertindak cepat dengan melaporkan hal tersebut dengan batas waktu tertentu sesuai dengan peraturan.

Dibandingkan dengan kartu kredit (sesama produk bank), sebenarnya kartu debit membawa banyak risiko. Jika Anda tidak melaporkan transfer tidak sah yang muncul pada kartu debit Anda dalam waktu 60 hari setelah kasus tersebut terjadi, Anda berisiko kehilangan uang tersebut. Itu berarti Anda bisa kehilangan semua uang di rekening Anda.

Oleh sebab itu, penggunaan kartu debit juga sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan kecuali jika Anda tidak dapat memenuhi syarat dalam pembuatan kartu kredit. Akan tetapi, jika Anda ingin pengeluaran lebih terkendali tanpa memikirkan keamanan, Anda dapat menggunakan kartu tersebut sesekali namun dengan ekstra hati-hati karena Anda mempertaruhkan akses langsung ke rekening bank yang Anda miliki.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links