View Single Post
Old 25th May 2015, 08:29 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kadin Siap Pasarkan Kawasan Indonesia Timur

Quote:
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Koordinator Wilayah Indonesia Timur akan menggelar forum perdagangan dan investasi. Agenda tersebut disiapkan dalam rangka mempromosikan potensi daerah Wilayah Timur Indonesia dan menggalang kerjasama bisnis dan investasi yang bersifat terbuka bagi para pengusaha swasta nasional dan investor asing.

Acara yang digelar 25 Mei 2015 ini rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo telah dijadwalkan dan ditutup secara resmi oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Acara itu juga akan melibatkan para investor dari swasta dalam negeri maupun luar negeri, BUMN, Pemerintah serta para pelaku usaha nasional. Selain promosi potensi Indonesia Timur, acara itu juga dilengkapi dengan diskusi panel yang akan membahas kebijakan-kebijakan, baik ditingkat pusat maupun daerah, yang berpihak kepada percepatan pembangunan di Indonesia Timur.

“Kita akan menawarkan pula proyek-proyek yang siap untuk dikembangkan sekaligus memberikan rekomendasi kebijakan yang efektif untuk percepatan pengembangan ekonomi di kawasan timur,” ungkap Wakil Ketua Umum Kadin Koordinator Wilayah Timur, Annar Salahuddin Sampetoding dalam keterangan tertulis, Minggu (24/5/2015).

Annar menjelaskan, penggabungan kedua acara penting ini diharapkan dapat menjadi ajang sinergitas bagi para “stakeholders” pengembangan ekonomi di wilayah timur Indonesia, yaitu para penggerak dunia usaha yang tergabung dalam KADIN Indonesia, para investor dan pengusaha dalam dan luar negeri, juga para pemangku kebijakan nasional baik dari tingkat pusat maupun tingkat daerah.

“Kita akan sangat terbuka membahas apapun bagi lahirnya solusi Percepatan Pembangunan kawasan Indonesia Timur. Kita memerlukan inovasi-inovasi dan terobosan-terobosan, baik dari sisi kebijakan, implementasi, maupun pengawasan nya agar momentum yang akan tercipta nanti dapat benar-benar menghasilkan langkah-langkah yang konkrit dan percepatan pembangunan itu dapat segera terealisasi,” tegas Annar.

Terdapat beberapa sektor yang menjadi andalan dalam pengembangan investasi di kawasan timur antara lain, pertanian terutama di kawasan Sulawesi Selatan yang akan menjadi kawasan percontohan, Maluku untuk sektor perikanan, dan Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk sektor peternakan. Selain itu, Annar juga menjelaskan bahwa dalam acara tersebut juga akan dibahas mengenai percepatan infrastruktur, pertambangan, serta ketahanan energi dan pangan, tak terkecuali tentang pembiayaan percepatan pembangunan kawasan timur.

Menurut Annar, Dengan terbentuknya payung hukum kerjasama antar Indonesia dengan negara-negera sahabat, maka agar komunikasi dan koordinasi dapat terjalin dengan baik dengan pihak-pihak pemangku kebijakan, dalam kesempatan ini juga akan diluncurkan sebuah Forum bagi para pengusaha baik dalam maupun luar negeri, “Private Participation Group on East Indonesia Region”. Kelompok perusahaan dari masing-masing negara yang tergabung dalam forum tersebut akan merupakan mitra Pemerintah Provinsi dan Kadin Wilayah Indonesia Timur di dalam setiap tahapan perencanaan dan pengembangan program serta proyek usaha yang menunjang dan sesuai dengan Rencana Program Percepatan Pembangunan Wilayah Timur Indonesia.

“Sejalan dengan itu, dalam 5 tahun kedepan, kita harapkan kita bisa menciptakan sedikitnya 100.000 wirausahawan baru di sana baik mikro maupun menengah (UMKM), yang akan menjadi penopang dan pelengkap bagi industri-industri yang berkembang, sehingga Nilai Percepatan Pembangunan ini dapat terjaga, dan dapat dirasakan pergerakannya oleh rakyat,” pungkas Annar.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links