View Single Post
Old 19th December 2012, 07:17 PM   #1
[M]
newbie
 
andi.teguh's Avatar
 
Join Date: 22 Sep 2012
Userid: 285
Location: http://www.forumku.com
Posts: 1,697
Real Name: andi teguh
Likes: 0
Liked 232 Times in 171 Posts
Default Tim ITB Juara Umum di International Oil and Gas Symposium (IOGS) 2012, Malaysia



Mahasiswa Indonesia kembali mencetak prestasi yang membanggakan di dunia internasional, khususnya di bidang perminyakan dan gas bumi. Tiga tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) sukses memborong juara pertama pada 3 kategori lomba di ajang International Oil and Gas Symposium (IOGS) 2012 yang diselenggarakan pada 7-8 November lalu di Johor Bahru, Malaysia.

Pada kompetisi yang digelar oleh Society of Petroleum Engineers Universiti Teknologi Malaysia Student Chapter (SPE UTM SC) tersebut, ITB menyandang gelar juara umum. Ketiga bidang perlombaan itu adalah Petrobowl Asia Pacific Smart Competition, Paper Competition, dan Oil Rig Design.



Pada Petrobowl Asia Pacific Smart Competition, tim ITB diwakili oleh Muhammad Romadhona (JurusanTeknik Perminyakan 2009), Radhityo Baskoro (Jurusan Teknik Perminyakan 2009), dan Syarif Kamal (Jurusan Teknik Perminyakan 2010). Peringkat kedua dihuni oleh tim dari Universitas Indonesia (UI) dan Universiti Teknologi Petronas (UTP) Malaysia pada tempat ketiga.

Untuk kompetisi paper, tiga mahasiswa program studi (prodi) Teknik Perminyakan angkatan 2009, yakni Enggar Amertacahya, Budi Khoironi, dan Ade Anggi Naruliawan Santoso sukses menyisihkan pesaing-pesaing yang berasal dari negara se-Asia Pasifik itu.

Enggar menjadi perwakilan tim ITB untuk mempresentasikan paper mengenai terproduksinya air pada sumur minyak horizontal. Sementara itu, Nik Fazril Ain Binti Sapian dari UTP Malaysia meraih juara dua dan Md Moniruzzaman Bapari asal Bangladesh menempati posisi ketiga.

iOGS2012 di indonesiaproud wordpress comDi kategori Oil Rig Design, juara pertama berhasil dibawa pulang ITB lewat tim yang beranggotakan Irfan Taufik Rau Hasibuan, Ramadhana Aristya, Yosaka Eka Putranta, Michael Ari Dhanto, dan Kanisius Sagari Lodiwa. Posisi runner up ditempati tim dari UTP Malaysia dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta di posisi ketiga.



Untuk mengikuti kompetisi dwi-tahunan kali ini, Society of Petroleum Engineers Institut Teknologi Bandung Student Chapter (SPE ITB SC) telah mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Misalnya untuk kompetisi Petrobowl, SPE ITB SC melakukan seleksi internal, simulasi-simulasi rutin, dan latihan kompetisi guna mematangkan tim.

“Sebenarnya kami tidak berpikir akan dapat memenangkan semua kompetisi. Tapi tentu kami optimistis karena kami sudah mempersiapkan segalanya dengan sebaik-baiknya,” ujar Enggar.

Banyak pihak yang terlibat dalam kemenangan ini. Salah satunya adalah dosen pembimbing dalam pembuatan paper tim ITB, yakni Taufan Marhaendrajan, Pudji Permadi, dan Amega Yasutra.



sumber
__________________


andi.teguh is offline   Reply With Quote
Sponsored Links