View Single Post
Old 28th May 2015, 08:41 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Ini Penyebab UMKM Indonesia Sulit Tumbuh

Quote:
MATARAM-CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan, UMKM di Indonesia sulit berkembang. Hal itu diungkapkan saat memberikan kuliah umum bertema Membangun Ekonomi Indonesia, Menghadapi Persaingan Ekonomi Global di Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu (27/5/2015).

“UMKM di Indonesia jumlahnya sekitar 55-56 juta. Menjadi kurang berkembang, karena dua hal. Satu, karena kurang modal, satu lagi karena keterampilan,” ujar HT.

Dia mengungkapkan, saat ini bunga pinjaman bank untuk UMKM berkisar 24-40 persen. Angka itu jauh lebih tinggi dibandingkan bunga pinjaman korporasi yang hanya 11-13 persen.

“Selama ini kalau kita lihat, pemerintah lebih fokus kepada pembangunan untuk proyek besar seperti jalan tol, gedung perkantoran dan lainnya. Padahal seharusnya, pembangunan dari masyarakat kecil itu juga harus diperhatikan,” tuturnya.

HT mengatakan, seharusnya pemerintah dapat bersikap adil pada masyarakat dan tidak terfokus pada proyek yang hanya bersifat komersial.

Dalam kesempatan yang sama, dia juga menambahkan bahwa pelaku UMKM harusnya diberikan kemudahan pada sistem modal. Serta pelatihan keterampilan untuk mengembangkan usaha, sehingga masyarakat menengah kebawah bisa lebih maju dan produktif.

“Di samping memberikan masyarakat kecil ini modal, kita juga bisa memberikan pelatihan keterampilan kepada masyarakat ini agar mereka jadi bisa banyak hal, jadi lebih produktif,” tutur HT.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links