View Single Post
Old 29th May 2015, 08:29 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Gelombang PHK Hantam Indonesia dan Perusahaan Global

Quote:
JAKARTA - Ancaman gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi saat ini diakibatkan dari beberapa masalah. Sebanyak tiga industri melakukan PHK besar-besaran yang disebabkan karena permasalahan dari masing-masing industri.

Seperti di industri semen yang mengalami persaingan, janji infrastruktur di pemerintahan Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun terlambat. PHK di industri semen membuat ratusan warga Lulut di Bogor melakukan unjuk rasa, karena tidak diperkerjakan lagi di PT Indosemen Tunggal Perkasa.

Penelusuran Litbang Okezone, Jumat (29/5/2015), pengurangan karyawan juga dilakukan oleh perusahan semen lainnya seperti PT Holcim. Perlambatan ekonomi turut menekan penjualan semen.

PT Holcim mengakui, pengurangan karyawan dikarenakan dampak ketatnya persaingan di industri semen. Kapasitas produksi semen Indonesia mencapai 75.294 ton per tahun, padahal konsumsi semen nasional saat ini hanya 67 juta ton.

Pendatang baru industri semen semakin mempersempit pasar. Persaingan diprediksi akan semakin ketat dengan adanya dua perusahaan raksasa dunia, yaitu Siam Semen dari Thailand dan Grup An Hui Choi dari China akan membuka pabrik di Indonesia.

Selain industri semen, PHK juga terjadi di industri padat karya seperti sepatu dan tekstil. Puluhan ribu buruh pabrik sepatu telah di-PHK, hal yang sama dilakukan di industri tekstil dan garmen.

Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan, industri yang melakukan PHK hanya industri tekstil yang pangsa pasarnya domestik. Sebanyak 40 ribu buruh dari pabrik sepatu sudah di PHK sejak Januari 2015 atau sejak melemahnya nilai tukar rupiah.

Sementara PHK di sektor pertambangan, karena kebijakan pemerintah soal pelarangan ekspor produk mineral mentah.
Tolak PHK

Selain itu, ada sejumlah aksi PHK di luar negeri yang akan berimbas juga di Indonesia. Misalnya, Maskapai Malaysia Airlines berencana mem-PHK 6-8 ribu karyawannya. Ini bagian dari rencana yang akan merumahkan 20 ribu karyawan Malaysia Airlines atau seluruh karyawannya.

Nantinya Malaysia Airlines hanya akan memperkerjakan dua pertiga karyawannya saja. Selama ini keuangan Malaysia Airlines memburuk dan terus mendapat dukungan dari Pemerintah Malaysia. Malaysia Airlines akan keluar dari bursa saham, melakukan re-branding dan memformat ulang maskapai ini.

Lalu produsen ponsel BlackBerry juga akan mem-PHK ribuan karyawannya di seluruh Negara. BlackBerry berencana akan fokus di software. Perusahan Siemens akan memecat 4.500 karyawannya dari total 12 ribu karyawannya. Ini dampak dari turunnya harga minyak dunia. Selanjutnya, perusahaan membuat Game Poker dan Farm Villages akan mem-PHK 304 karyawannya atau setara 18 persen karyawan Zinc.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links