View Single Post
Old 29th May 2015, 08:31 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Strategi AEON di Tengah Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi

Quote:
TANGERANG - AEON Co Ltd ekspansi ke Indonesia tidak hanya sekedar mendirikan mal, tapi juga masuk ke ranah industri ritel departement store. Melalui anak perusahaannya yakni PT AEON Indonesia, perusahaan Jepang ini membuka AEON BSD City Store sebagai anchor tenant di dalam AEON Mall BSD.

Meskipun pertumbuhan perekonomian Indonesia sedang melambat, President Director of AEON Indonesia Toyofumi Kashi, mengaku tetap optimistis bisa mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Bahkan dirinya mengaku tidak peduli dengan perlambatan ekonomi yang terjadi.

"Kami memiliki konsep yang sangat berbeda dari departement store lainnya. Produk kami semuanya berkualitas dengan harga yang bersaing. Jadi itulah mengapa kami tidak perduli meskipun perekonomian Indonesia sedang melambat," ujar Toyofumi kepada Okezone di AEON Mall BSD City, Tangerang Selatan.

Toyofumi menjelaskan, AEON BSD City Store hadir dengan konsep yang berbeda yakni one-stop-shoping. AEON menggabungkan karakter departemen store dan supermarket. Produk-produknya juga tertata rapih dengan mengelompokan wilayah sesuai dengan jenis produk.

Uniknya, AEON tidak menata produk-produknya sesuai dengan merek produk dalam satu display seperti departement store kabanyakan. Tapi mengelompokan display sesuai dengan jenis produk, seperti satu display khusus untuk tas wanita yang berisi dari beragam merek. Hal itu dinilai lebih memudahkan pelanggannya dalam berbedalnja.

AEON BSD City Store juga kental dengan tema ala Jepang. Meskipun dari seluruh produk yang ada, hanya kurang dari 20 persen produk yang berasal dari Jepang.

Suasana Jepang juga terasa di area restoran yang masih berada di wilayah AEON BSD City Store. Ada banyak makan-makanan khas Jepang yang tersedia direstoran tersebut. Selain juga ada makanan khas nusantara yang tersedia.

Seluruh fasilitas tersebut menempati luasan area seluas 8 ribu meter persegi yang terbagi dalam 3 lantai. Hal itu membuat AEON BSD City Store sebagai departement store terluas di Indonesia.

"Sementara untuk harga-harga produk kami cukup bersaing. Jadi saya percaya hampir semua orang bisa ke sini bukan hanya untuk berbelanja, tapi juga makan di restoran kami yang menyediakan banyak makanan khas Jepang," imbuhnya.

Toyofumi juga merasa, perlambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia bersifat sementara. Dirinya yakin ke depan perekonomian Indonesia akan kembali membaik dan membuat iklim usaha kondusif kembali.

"Jika kita bisa fokus menangani bisnis kita, saya rasa melambatnya pertumbuhanan ekonomi bisa diatasi. Mungkin kalau produk-produk yang kita jual mahal melambatnya ekonomi sangat berpengaruh. Tapi kalau kita bisa menghadirkan harga yang bersaing saya rasa itu bisa diatasi," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links