View Single Post
Old 29th May 2015, 08:36 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Istilah Swasembada Pangan Dinilai Hanya Cari Gengsi

Quote:
JAKARTA Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini menggencarkan swasembada (kemandirian) pangan. Namun, istilah swasembada dinilai hanya dicari-cari demi sebuah gengsi.

Menteri Pertanian (Mentan) era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Anton Apriantono, menyatakan swasembada pangan tidaklah mudah dilakukan. Sebab, tidak semua bahan pangan mampu diproduksi Indonesia.

"Swasembada pangan itu enggak gampang. Ini mencari-cari hanya demi sebuah gengsi," kata dia saat berkunjung ke Kantor MNC, di Jakarta.

Anton menambahkan, saat ini dunia global pun sudah tidak lagi meributkan swasembada pangan. Sebab, kini semua negara sudah bergantung satu sama lain.

"Kesalahan kita adalah melihat diri sendiri, seperti katak dalam tempurung. Kita impor kedelai saja sudah ribut sejagat. Thailand dan China yang impor itu sampai puluhan juta ton saja enggak ribut," jelas dia.

Menurutnya, swasembada yang mungkin dilakukan adalah beras. Hal itu dikarenakan besarnya produksi dan kebutuhan beras dalam negeri.

"Saya setuju kalau beras, karena bangsa ini harus punya harga diri. Tapi kalau ditanya swasembada pangan, itu pangan yang mana? Kayak gandum sampai kiamat juga kita enggak bisa swasembada," kata dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links