View Single Post
Old 30th May 2015, 08:23 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Cara Jitu Ajari Remaja Pintar Mengelola Keuangan

Quote:
JAKARTA - Masa remaja merupakan saat yang tepat untuk belajar bagaimana mengelola keuangan. Usia remaja biasanya sudah cukup matang untuk menentukan skala prioritas. Dengan mengajarkan pengelolaan uang yang baik sedari dini, maka mereka memiliki waktu pelatihan yang cukup yang mempermudah mereka menjalani hidup di masa depan.

Berikut adalah tiga cara yang dapat memastikan mereka belajar kebiasaan baik dalam mengelola keuangan seperti dikutip dalam artikel berjudul How to Teach Your Teen to Be Smart With Their Money oleh Budgeting & Personal Finance Expert, Paula Pant.

1. Ajarkan untuk membayar sendiri

Tanpa kewajiban keuangan, sangat mudah bagi remaja menghabiskan uang mereka untuk pergi ke mal atau menghabiskannya dengan teman-teman. Anda dapat membuatnya belajar tanggung jawab dengan meminta mereka mulai membayar untuk beberapa hal, yang selama ini dibayarkan oleh orangtua. Seperti membeli aksesoris, menonton bersama teman dan membeli keperluan hobi.

Menghadapi "tagihan" akan membantu anak untuk belajar anggaran yang lebih baik untuk mengendalikan keinginan mereka.

2. Beri hadiah voucher belanja

Anda dapat memberikan hadiah e-money ataupun voucher belanja dalam jumlah tertentu. E-money atau voucher hadiah lebih baik daripada uang tunai. Hal itu membatasi keinginan mereka untuk menghabiskan uang.

Terserah mereka memutuskan apa yang akan mereka beli dengan hadiah tersebut. Hal ini akan memaksa mereka untuk memprioritaskan pembelian mereka dan belajar untuk mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan.

3. Ajarkan cara menggunakan kartu kredit dengan baik dan benar

Setelah anak remaja Anda beranjak menjadi dewasa, mereka sudah memiliki akses untuk membuka kartu kredit. Jika Anda tidak mengajarkan mereka cara yang tepat untuk menangani kartu ini, buah hati dapat tergelincir dalam permasalahan utang.

Anda dapat membuat mereka menjadi pengguna yang berwenang pada salah satu kartu kredit Anda. Idealnya, berikan kartu dengan batas pengeluaran yang rendah. Jelaskan bagaimana pengaturan pada kartu tersebut.

Dengan begitu Anda akan dapat memantau pengeluaran mereka secara teratur, baik online atau laporan bulanan akun Anda. Hal ini memberikan ruang kesempatan bagi mereka untuk belajar, sementara mereka masih memiliki jaring pengaman yang dapat Anda ketahui. Mereka akan belajar konsekuensi dunia nyata dalam lingkungan yang lebih terkontrol dan aman.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links