View Single Post
Old 30th May 2015, 08:24 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Bingung Memulai Bisnis, Coba Lakukan Ini

Quote:
JAKARTA – Banyak masyarakat ingin berkecimpung di dunia bisnis, namun tidak tahu memulai dari mana. Maka itu, diperlukan kerangka bisnis yang dapat membantu untuk mengembangkan usaha. Apalagi, kerangka ini bisa digunakan pelaku usaha ketika ingin mencari pendanaan pada investor maupun lembaga pembiayaan.

Mengutip artikel ‘Business Plan Outline’ yang ditulis oleh pakar bisnis Alyssa Gregory, berikut ini garis besar rencana bisnis yang bisa membantu Anda memulai rencana bisnis.

1. Buatlah ringkasan eksekutif

Ringkasan ini berisi gambaran dari semua bagian rencana bisnis Anda. Ringkasan eksekutif adalah bagian pertama dari rencana bisnis kecil Anda yang biasanya ditulis terakhir.

2. Buatlah Deskripsi Perusahaan Anda

Pada bagian ini Anda bisa menjelaskan detail rencana bisnis usaha Anda. Deskripsi perusahaan menguraikan rincian penting tentang perusahaan Anda, seperti di mana Anda berada, seberapa besar perusahaan tersebut, apa yang Anda lakukan, dan apa yang akan Anda capai.

3. Buat penjelasan mengenai produk atau jasa bisnis Anda

Dalam tahap ini, Anda harus bisa menjelaskan apa produk atau jasa yang dijual dengan penekanan pada nilai yang Anda berikan kepada pelanggan atau klien.

4. Menganalisis pasar

Bagian analisis pasar rencana bisnis Anda datang setelah produk dan jasa bagian dan harus memberikan gambaran rinci tentang industri mana yang akan menjadi sasaran dari produk atau jasa Anda.

5. Strategi pemasaran

Bagian Strategi pemasaran rencana bisnis Anda dibangun berdasarkan bagian analisis pasar. Bagian ini menguraikan di mana bisnis anda cocok dengan pasar dan bagaimana penerapan harga barang, bagaimana mempromosikan dan menjual produk atau jasa Anda.

6. Buatlah ringkasan manajemen

Di bagian ini Anda harus bisa menjelaskan cara bisnis Anda terstruktur, memperkenalkan pihak mana saja yang terlibat, menguraikan sumber daya eksternal, dan menjelaskan bagaimana bisnis dikelola.

7. Buatlah analisis keuangan

Di sini Anda harus memberi rincian pembiayaan bisnis Anda sekarang, apa yang akan dibutuhkan untuk pertumbuhan di masa depan serta memperkirakan biaya operasi.

8. Buat lampiran dan informasi pendukung


Ini dibutuhkan karena akan mencakup informasi yang mendukung pernyataan, asumsi dan penalaran yang Anda gunakan dalam bagian lain dari rencana bisnis Anda. Ini bisa berupa grafik, diagram, statistik, foto, materi pemasaran, penelitian, dan data lain yang relevan.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links