View Single Post
Old 30th May 2015, 08:25 PM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 19 Apr 2015
Userid: 3684
Posts: 62
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Batu Cincin Kalimaya dalam Sejarah



Batu Kalimaya sudah terkenal sejak tahun 30 SM. Bahkan, Markus Antonius seorang politikus dan Jendral Romawi Kuno pernah menghadiahkan cincin Kalimaya atau opal kepada Ratu Cleopatra. Harga cincin Kalimaya Cleopatra sebanding dengan, dua ribu ekor kuda yang bagus pada waktu itu. Menakjubkan bukan?

Penyebutan nama batu Kalimaya sebenarnya adalah julukan secara lokal. Sedangkan di kancah dunia, batu Kalimaya lebih dikenal dengan nama batu Opal.

Julukan lokal batu Kalimaya di ambil dari nama "Kali Maja". Kali Maja adalah nama sebuah sebuah sungai yang terdapat didaerah Rangkasbitung, tepatnya Kecamatan Maja Kabupaten Lebak Banten. Tempat dimana batu kalimaya ditambang.

Ada 3 versi berbeda mengapa batu akik yang memiliki kemilau warna ini disebut sebagai Opal. Pertama, mengacu pada kata “Opalus” berasal dari istilah Romawi yang mengacu pada sosok istri Dewa Saturnus dan juga sosok Dewi Kesuburan yang disebut Opalia.

Kedua, ada lagi pendapat yang mengemukakan bahwa nama “Opal” berasal dari istilah Yunani yang diambil dari kata “Opillos” yang berarti “melihat” atau “perubahan”. Nah, makna “perubahan” ini bisa diartikan mengacu kepada karakter batu kalimaya yang bisa mengubah warna di lapisan batu terutama saat terpapar cahaya secara langsung.

Ketiga, menyatakan bahwa kata “Opal” berasal dari bahasa Sansekerta ”Upala”. Mengacu pada catatan yang dibuat oleh bangsa Romawi sekitar tahun 250 sebelum masehi. Dalam catatan itu diterangkan bahwa batu Opal dibawa oleh pedagang Bosporus, yang mengaku membawa batu tersebut dari India dan memasoknya menuju Romawi. Karena sebelum tahun 250 sebelum masehi batu ini memiliki banyak sekali penyebutan. Maka setelah setelah tahun tersbeut, nama “Opal” dibakukan.

Bagi setiap wanita memiliki koleksi atau kegemaran berbau boneka adalah hal yang wajar. Seperti dialami oleh penyanyi Vicka Sagita Ayu yang mengoleksi pernak-pernik Hello Kitty nya mulai dari boneka, sarung bantal hingga liontin. Namun, ada yang unik ketika Vicka ternyata juga mengoleksi batu akik.

Cewek yang pernah bermain dramatik reading 'Bukan Negara Setia' karya Isti Nugroho ini mengaku bahwa dirinya memiliki hobi barunya ini lantaran tertular dengan teman-temannya yang juga demam dengan batu akik. Tak hanya itu dia pun juga ingin berpenampilan beda dikarenakan sering kali mengenakan perhiasan jenis emas.

Tidak semua jenis batu akik yang dikoleksinya, namun hanya sebatas yang dia sukai saja mulai dari phyrus, bacan dan kalimaya. Dari 19 macam batu akik yang dimilikinya hanya kalimaya susu lah yang disukainya.

"Saat aku pertama kali lihat batu kalimaya punya temenku langsung tertarik, bentuk dan warnanya lucu di dalamnya terlihat bening ada warna kehijauannya menyala , pas aku tanya ternyata kalimaya susu. Sejak itu aku suka banget dengan batu itu," ujar Vicka saat ditemui di bilangan Jakarta Selatan baru-baru ini.

Diakuinya awalnya dirinya tidaklah tertarik dengan batu akik yang selama ini banyak dibicarakan masayarakat, karena image batu akik itu selalu berhubungan dengan batu akik besar yang digunakan oleh kaum adam.

Selengkapnya : Batu Cincin Kalimaya
__________________
Batu Akik | Kode Pos
batuakik is offline   Reply With Quote
Sponsored Links