View Single Post
Old 31st May 2015, 08:37 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default 10 Kebiasaan di Rumah yang Menguras Anggaran

Quote:
JAKARTA Terkadang seseorang tidak menyadari ada beberapa kebiasaan yang menghabiskan banyak anggaran. Kebiasaan itu terjadi di sebuah rumah tangga yang berakibat tidak ramah terhadap kondisi keuangan nantinya.

Seperti dikutip dari Daily Finance, berikut ini beberapa kebiasaan kecil rumah tangga yang dapat menghabiskan biaya.

1. Bergantung pada peralatan tua terlalu lama

Anda mungkin berpikir dapat melakukan penghematan dengan penggunaan barang elektronik lama seperti kulkas keluaran 1980-an. Akan tetapi, ketahuilah bahwa peralatan tua tidak berjalan efisien seperti barang baru yang hemat energi. Bahkan, barang elektronik lama biasanya menambahkan banyak tagihan listrik Anda.

2. Menyalakan peralatan listrik sepanjang waktu

Meninggalkan peralatan listrik tetap menyala saat tidak terpakai dapat menghabiskan banyak biaya. Biasakanlah untuk langsung mematikan lampu, televisi, maupun komputer usai digunakan.

3. Membiarkan air terus menyala

Air adalah masalah besar di banyak rumah. Anda perlu menyadari berapa banyak air yang digunakan dan menyesuaikan rutinitas Anda. Cobalah menjalankan mesin cuci dan mesin pencuci piring ketika Anda memiliki banyak pakaian maupun perabotan yang perlu dicuci. Jangan lupa untuk tidak meninggalkan air yang mengalir saat Anda menyikat gigi.

4. Tidak memantau biaya AC

Terkadang kita sering lupa mematikan air conditioner (AC) saat tidak lagi dibutuhkan. Jika Anda tipe orang yang sering lupa akan hal tersebut, pastikan AC yang Anda miliki mempunyai fungsi energy saver yang hanya menyala bila diperlukan, bukan terus-menerus.

5. Penggunaan tisu dan barang sekali pakai

Jika sangat peduli terhadap kebersihan, Anda dapat membayar lebih besar untuk kenyamanan rumah Anda. Akan tetapi, jangan gunakan barang sekali pakai untuk kebersihan rutin yang Anda lakukan. Anda dapat beralih menggunakan spons dibandingkan handuk kertas, ataupun kain lap serta spray dibandingkan tisu untuk membersihkan debu.

6. Mengabaikan kerusakan kecil

Kerusakan kecil yang terjadi di rumah dapat berakibat fatal apabila ditinggalkan begitu saja. Hal ini berlaku seperti kerusakan di toilet, kebocoran kecil pada pipa, dan lain-lain. Begitu Anda melihat sesuatu yang mulai mengalami kerusakan, cobalah untuk langsung mengatasinya. Jangan sampai kebocoran kecil di ruang cuci Anda berubah menjadi ruangan banjir yang akan dikenakan biaya lebih mahal.

7. Mengabaikan perawatan dasar

Hindari perbaikan mahal sedini mungkin dengan menjaga perlatan Anda berjalan baik sepanjang tahun. Cobalah secara teratur membersihkan ventilasi bawah kulkas Anda dan di setiap unit AC. Pastikan untuk mengganti oli yang diperlukan pada kendaraan Anda. Sebuah perawatan seperti itu dapat menghemat perbaikan mahal dan membuat peralatan bertahan lebih lama.

8. Membayar tagihan tanpa mengetahui rincian

Jika Anda membayar tagihan Anda setiap bulan tanpa pertanyaan, Anda mungkin dapat membayar lebih besar dari yang seharusnya Anda butuhkan.



9. Menyimpan barang yang tidak digunakan

Terkadang barang-barang tergeletak begitu saja di ruang penyimpanan. Bahkan beberapa barang tidak tersentuh sama sekali. Anda dapat merapikan hal tersebut dan membuat sedikit uang tambahan dengan menyingkirkan apa pun yang tidak Anda gunakan dengan jalan menjualnya di situs online atau membuka garage sale.

10. Membayar biaya rumah yang tidak dibutuhkan

Jika menempati rumah yang terlalu besar, Anda harus membayar lebih beras untuk kamar yang jarang digunakan. Cobalah untuk tidak menyalakan listrik pada bagian rumah yang jarang Anda gunakan. Hal ini dapat menghemat banyak uang dari yang seharusnya Anda keluarkan.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links