View Single Post
Old 31st May 2015, 08:45 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Stop Impor Rokok Elektrik, Angin Segar bagi Petani Tembakau

Quote:
JAKARTA Rencana pelarangan impor dan penjualan rokok elektrik tampaknya menjadi angin segar bagi petani tembakau dan pengusaha rokok di Indonesia.

Penelusuran Litbang Okezone, Minggu (31/5/2015), pengamat kebijakan publik dari Paramadina Public Policy Institute (PPPI), Wijayanto Samirin, mengatakan pemerintah telah mempertimbangkan aspek ekonomi dari rencana kebijakan pelarangan impor rokok elektrik tersebut selain dari sisi kesehatan. Jika dibiarkan, impor rokok elektrik akan semakin memperburuk neraca pembayaran kita dan akhirnya berdampak buruk pada nilai tukar rupiah.

Ia mengatakan, Indonesia merupakan negara dengan pangsa pasar sangat menggiurkan. Sehingga, menjadi tujuan impor rokok elektrik meski konsumsi rokok elektrik di Tanah Air masih minim.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel memang berencana melarang impor dan penjualan rokok elektrik di Indonesia dengan alasan kesehatan. Meski demikian, pemerintah telah memikirkan kemungkinan adanya pergeseran cara orang mengonsumsi rokok dari konvensional ke rokok elektrik di masa depan.

Hal ini menunjukkan kebijakan melarang impor dan penjualan rokok elektrik akan menguntungkan petani tembakau di Indonesia. Namun, mengingat rokok elektrik merupakan tren yang akan menguat di masa depan, diperkirakan hal tersebut hanya bersifat sementara.

Dengan begitu, Wijayanto menyarankan industri tembakau lokal mampu mencari solusi dalam jangka panjang supaya kelanggengan bisnis tetap bertahan. Salah satunya, lanjut dia, dengan memanfaatkan tembakau untuk kebutuhan selain rokok.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links