View Single Post
Old 1st June 2015, 10:53 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default 10 Investasi agar Masa Pensiun Anda Nyaman

Quote:
JAKARTA - Masa pensiun merupakan masa yang harus dipersiapkan sejak saat ini juga. Hal ini dikarenakan, pendapatan di usia senja tidak sebesar di usia produktif.

Berikut 10 investasi terbaik untuk pensiun seperti dikutip dalam artikel 10 Best Retirement Investments oleh Dana Anspach.

1. Merancang portofolio investasi sendiri

Salah satu cara umum untuk menciptakan penghasilan pensiun adalah untuk membangun portofolio baik dari saham atau obligasi. Portofolio ini dirancang untuk mencapai pendapatan jangka panjang hingga 20 tahun mendatang.

Ketika Anda pensiun, pendapatan dari portofolio ini cukup menjanjikan. Namun Anda perlu memperhatikan strategi investasi.

2. Dana pensiun

Mempersiapkan dana pensiun bisa melalui potongan gaji yang umumnya dilakukan oleh perusahaan atau tabungan pensiun melalui reksa dana. Investasi tersebut dikelola dengan tujuan menghasilkan pendapatan bulanan yang dibagikan kepada Anda. Dana ini dibangun untuk memberikan paket all in one yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu.

Dengan dana pendapatan pensiun Anda dapat mengkontrol dan mengakses uang Anda setiap saat. Tentu saja jika Anda menarik beberapa uang pokok Anda, pendapatan bulanan masa depan Anda selanjutnya akan turun.

3. Asuransi

Anuitas sebenarnya merupakan suatu bentuk manfaat dari asuransi. Namun, ini disebut investasi terbaik karena tujuan mereka adalah untuk menghasilkan pendapatan yang Anda butuhkan di masa pensiun.

Dengan anuitas langsung Anda mengasuransikan pendapatan masa depan Anda. Perusahaan asuransi akan menjamin penghasilan untuk hidup Anda atau untuk beberapa lainnya sesuai kesepakatan waktu.

4. Obligasi

Ketika Anda membeli obligasi, Anda meminjamkan uang Anda baik pada pemerintahatau perusahaan. Peminjam setuju untuk membayar bunga Anda untuk menetapkan jumlah waktu. Ketika obligasi tersebut jatuh tempo, maka uang pokok akan dikembalikan kepada Anda. Pendapatan bunga, dapat Anda terima dari obligasi (atau dari dana obligasi) yang dapat menjadi sumber pendapatan tetap pensiun.

Obligasi memiliki peringkat kualitas untuk memberikan gambaran tentang kekuatan keuangan dari penerbit obligasi. Ada jangka pendek, jangka menengah, dan obligasi jangka panjang. Ada juga obligasi dengan suku bunga disesuaikan, serta obligasi hasil tinggi, yang membayar tingkat bunga yang lebih tinggi, tetapi memiliki peringkat kualitas yang lebih rendah.

5. Menyewakan properti

Menyewakan properti yang Anda miliki dapat memberikan sumber pendapatan yang stabil, namun akan ada kebutuhan perawatan. Sebelum Anda membeli properti untuk disewakan, Anda perlu menghitung semua biaya potensial yang mungkin dikenakan selama rentang waktu tertentu.

Investasi properti adalah bisnis, bukan proposi untuk mendapatkan kekayaan yang cepat. Bagi mereka dengan pengalaman real estate, hal ini dapat membuat investasi pensiun yang besar.

Jika Anda tidak yakin dengan investasi ini, Anda dapat memulai mempertimbangkan membaca buku-buku tentang investasi real estat, berbicara dengan investor berpengalaman, atau bergabung dengan klub investasi real estat.

6. Ambil investasi yang aman

Anda selalu ingin menyimpan sebagian dana pensiun Anda di alternatif investasi yang aman. Tujuan utama dari setiap investasi yang aman adalah untuk melindungi apa yang Anda miliki.

Namun, jangan terlalu terburu-buru mengambil keputusan untuk melakukan investasi. Anda perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pakar investasi sebelum membuat keputusan.

Semua dana pensiunan disarankan memiliki beberapa jenis rekening cadangan (dana darurat). Akun ini tidak harus dimasukkan sebagai aset yang tersedia untuk menghasilkan pendapatan pensiun. Hal ini ada sebagai jaring pengaman untuk biaya tak terduga yang mungkin muncul di masa pensiun.

7. Pendapatan dari dana tertutup (closed end funds)

Mayoritas pendapatan dari dana tertutup dirancang untuk menghasilkan pendapatan bulanan atau kuartalan. Pendapatan ini bisa berasal dari bunga ataupun dividen. Setiap dana memiliki tujuan sendiri, oleh karena itu pastikan untuk melakukan penelitian sebelum membeli.

Investor berpengalaman mungkin menemukan dana tertutup menjadi investasi yang sesuai untuk sebagian dari uang pensiun mereka. Investor yang kurang berpengalaman harus menggunakan manajer portofolio yang mengkhususkan diri dalam dana tertutup ini.

8. Dividen

Belilah saham yang memberikan dividen. Dividen dapat memberikan sumber pendapatan tetap di masa pensiun. Nilai dividen pada umumnya akan meningkat setiap tahun (Jika perusahaan meningkatkan pembayaran dividen).

Berhati-hatilah dengan dividen besar, biasanya risikonya juga besar. Imbal hasil tinggi selalu disertai dengan risiko tambahan. Jika ada Anda diberikan hasil yang lebih dari ekspektasi itu artinya perusahaan melakukannya untuk mengkompensasi risiko tambahan yang akan Anda tanggung. Ingat, jangan berinvestasi tanpa memahami risiko yang akan ditumbulkan.

9. Real Estate Investment Trust (REITs)

Kebanyakan orang menanamkan dananya pada real estat dalam bentuk investasi Real Estate Investment Trust (REIT). Instrumen investasi ni seperti sebuah tim profesional yang mengelola properti, mengumpulkan uang sewa, membayar biaya, mengumpulkan biaya manajemen, dan mendistribusikan sisa penghasilan kepada Anda selaku investor.

10. Unit link

Sebuah produk yang sama sekali berbeda dari investasi langsung. Dalam investas ini, dana Anda masuk ke portofolio investasi yang Anda pilih. Anda berpartisipasi dalam keuntungan dan kerugian dalam investasi tersebut.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links